Jika Anda menjalankan sebuah blog dengan beberapa penulis di dalamnya, tutorial WordPress yang satu ini akan penting buat Anda. Dalam setiap blog/situs, tentu saja ada persyaratan jumlah minimum kata untuk setiap postingan. Ini baik untuk kekuatan situs di hasil pencarian search engine, dan juga baik untuk pengunjung yang membaca postingan.

Tapi jika Anda harus selalu mengecek jumlah kata yang ditulis oleh setiap penulis Anda, ini namanya membuang-buang tenaga. Karena Anda bisa memerintahkan WordPress untuk ‘menegur’ penulis Anda jika tulisannya tidak memenuhi jumlah minimum kata yang sudah Anda tetapkan.

Caranya sangat mudah, cukup dengan memasukkan kode di bawah ini ke dalam functions.php theme/tema yang Anda gunakan:


function targetkata($content)
{
global $post;
$content = $post->post_content;
if (str_word_count($content) < 130 ) wp_die( __('Error: postingan Anda tidak lebih dari 100 kata!') ); } add_action('publish_post', 'targetkata');

Kode di atas adalah perintah kepada WordPress untuk mengeluarkan pesan error ketika penulis Anda berusaha menayangkan (mempublish) artikel dengan jumlah kata yang tidak mencapai target minimum Anda. Pada contoh di atas, saya berikan target minimum sebanyak 130 kata untuk masing-masing postingan. Angka tersebut dapat Anda rubah. Anda juga dapat merubah pesan error yang akan tampil sesuai keinginan Anda.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY