WordPress memiliki kelebihan untuk para penggunanya dengan mudah memasukkan gambar yang akan dijadikan thumbnail postingan. Thumbnail ini akan ditampilkan di halaman depan blog, selama gambar tersebut dipilih sebagai Featured Image. Berbeda dengan gambar yang kita masukkan langsung ke dalam postingan, ketika kita memasukkan tambahan informasi pada kolom Caption, maka informasi tersebut akan tampil berupa keterangan di bawah gambar. Sedangkan pada thumbnail, caption yang Anda masukkan tidak akan muncul.

Pada tutorial WordPress kali ini, saya akan berikan cara untuk menampilkan caption pada thumbnail postingan di WordPress. Yang pertama Anda harus lakukan adalah memastikan bahwa fitur thumbnail postingan sudah aktif di blog/situs Anda. Ketika Anda mengupliad gambar melalui media uploader WordPress, pastikan untuk mengisi semua kolom yang tersedia, mulai dari Title, Alternate Text hingga Caption.

Secara default, WordPress menyimpan gambar sebagai postingan itu sendiri. Yang berarti ketika Anda tidak mengisi kolom-kolom tersebut, WordPress akan mengambil judul postingan sebagai judul gambar, ringkasan (excerpt) postingan sebagai caption dan isi postingan penuh sebagai deskripsi gambar.

Anda dapat menampilkan semua keterangan tersebut pada thumbnail postingan Anda dengan memasukkan kode di bawah ini ke dalam loop postingan Anda:


post_excerpt; ?>

Untuk menampilkan thumbnail dengan keseluruhan isi koten, Anda dapat menggunakan kode di bawah ini:


post_content; ?>

Anda bisa mendandani tampilan thumbail postingan Anda dengan sedikit pengetahuan CSS agar layout postingan lebih terlihat rapi dan sesuai dengan keinginan Anda.

* * * * *
Buku Formula Cinta

1 COMMENT

LEAVE A REPLY