Untuk beberapa bentuk blog, ada situasi dimana blogger harus merubah postingan yang lama. Misalnya ketika WordPress digunakan untuk memposting berita atau tutorial WordPress seperti ini. Postingan lama terkadang harus diubah lagi berdasarkan perkembangan yang terjadi seiring waktu. Pada tutorial kali ini akan saya tunjukkan cara untuk menampilkan tanggal perubahan terbaru postingan Anda.

Ketika Anda melakukan update atau perubahan terhadap salah satu postingan, secara default WordPress tidak akan menampilkan tanggal kapan perubahan terbaru terjadi. Padahal itu adalah salah satu informasi yang dibutuhkan oleh pembaca Anda. Contohnya Anda sudah memposting sebuah berita pada tanggal 20 Agustus 2013. Tapi terjadi perkembangan selanjutnya dalam berita tersebut sehingga Anda harus melakukan update atau perubahan pada postingan yang sama tanggal 22 Agustus 2013. Untuk menampilkan tanggal perubahan terakhir, Anda harus melakukan perubahan di index.php, single.php, dan page.php.

Buka ketiga file di atas dan temukan kode di bawah ini:



Kode di atas bisa saja dituliskan dengan bentuk yang berbeda di masing-masing theme sehingga Anda mungkin tidak akan menemukan kode yang persis. Anda hanya perlu mencari kode yang hampir sama dan mengandung parameter “the_modified_time”.

Ganti kode yang Anda temukan tadi dengan kode di bawah ini:


= $u_time + 86400) {
echo "dan terakhir diubah ";
the_modified_time('F jS, Y');
echo " pada ";
the_modified_time();
echo ", "; } ?>

Dengan begitu pembaca Anda akan mengetahui kapan postingan tersebut diperbaharui dan se-update apa informasi yang Anda tawarkan kepada mereka. Semoga membantu, selamat mencoba.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY