Menampilkan postingan terbaru di blog WordPress dapat membantu pengunjung Anda untuk dapat mengakses mereka lebih mudah, apalagi jika daftar postingan baru tersebut Anda tampilkan pada bagian sidebar di halaman postingan. Tapi karena alasan yang berbeda-beda, banyak blogger yang ingin postingan terbaru mereka di tampilkan di beberapa tempat berbeda, yang terkadang bahkan tidak lazim posisinya. Pada tutorial WordPress kali ini, saya akan memberikan beberapa cara berbeda untuk menampilkan postingan terbaru Anda di WordPress.

Menampilkan Postingan Terbaru dalam Bentuk Daftar

Format daftar, atau ‘list format’ kebanyakan digunakan pada bagian sidebar sebuah blog WordPress. Anda dapat menampilkan postingan terbaru dengan memasukkan kode ini pada bagian yang Anda inginkan. Anggap saja Anda ingin menampilkannya di sidebar, maka masukkan kode ini di sidebar.php theme Anda:


', '

'); ?>

Anda dapat mengganti angka 10 tergantung dari berapa jumlah postingan terbaru yang ingin Anda tampilkan.

Jika theme yang Anda gunakan mendukung penggunaan widget, maka ada cara yang lebih mudah untuk Anda. Anda hanya perlu masuk ke bagian Appearance » Widget di dalam Dashboard WordPress Anda. Dengan ini Anda bahkan tidak perlu mengutak-atik kode sama sekali.

Menampilkan Postingan Terbaru dengan Potongan Paragraf

Beberapa orang lebih senang menampilkan daftar postingan terbaru mereka dengan penjelasan pendek untuk masing-masing postingan. Penjelasan ini biasanya berupa potongan pendek dari paragraf pertama masing-masing postingan. Ada beberapa cara untuk bisa melakukannya.

Cara pertama adalah:


    have_posts()) : $the_query -> the_post(); ?>

Anda hanya perlu memastikan bahwa excerpt dari setiap postingan Anda adalah sebuah deskripsi pendek saja. Anda hanya perlu menulis excerpt untuk masing-masing postingan yang menurut Anda panjangnya sudah tepat.

Ada juga cara lain agar Anda tidak perlu membuang waktu lebih untuk membuat excerpt di masing-masing postingan Anda. Caranya adalah dengan menggunakan plugin Word Limit, karena plugin ini akan memotong paragraf pertama sesuai dengan jumlah karakter yang Anda inginkan.

Untuk itu Anda harus mendownload dan mengaktifkan plugin Word Limit dari Dashboard » Plugins. Setelah pluginnya Anda akifkan, paste kode di bawah ini ke bagian dimana postingan terbaru ingin Anda tampilkan:


    have_posts()) : $the_query -> the_post(); ?>

Anda dapat merubah angka 15 pada showposts=15 dengan jumlah postingan terbaru yang ingin Anda tampilkan. Anda juga dapat mengganti angka 150 pada the_content_limit(150) dengan jumlah karakter paragraf pertama yang ingin Anda tampilkan pada masing-masing postingan terbaru.

Menampilkan Postingan Terbaru dengan Konten Penuh

Beberapa pengguna WordPress lebih senang menampilkan postingan terbaru mereka dengan konten penuh. Ini biasanya digunakan pada halaman lain seperti pada Page atau halaman Pencarian (search).


    have_posts()) : $the_query -> the_post(); ?>

Anda dapat mengganti angka 10 pada showposts=10 untuk menampilkan berapapun jumlah postingan terbaru yang ingin Anda tampilkan.

* * * * *
Buku Formula Cinta

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY