cara membuat custom meta box wordpress oleh cara segiempatMenampilkan post meta di postingan adalah hal yang penting ketika Anda menyediakan data pada posisi yang statis di setiap postingan Anda, atau bahkan di salah satu kategori tertentu. Post meta adalah salah satu fitur yang diberikan oleh WordPress untuk memudahkan penulis memasukkan data ke dalam postingan tanpa harus kuatir tentang pengaturan tampilan data-data tersebut setiap kali membuat postingan baru.

Kegunaan post meta bisa beragam, tergantung dari jenis situs yang Anda buat. Post meta biasanya digunakan pada situs ulasan film, situs jualan online, situs direktori perumahan, dan situs-situs kompleks lainnya. Pada situs jualan online misalnya, post meta bisa digunakan untuk menampilkan harga baju, ukuran dan ketersediaanya pada setiap postingan. Tergantung dari jenis situs/blog yang Anda jalankan, fungsi post meta bisa beragam.

Sebelum menampilkan post meta di postingan Anda, tentunya Anda harus tahu dulu cara membuat custom meta box. Pada postingan sebelumnya ini sudah saya bahas. Contoh yang sudah saya berikan tersebut akan saya jadikan lagi contoh pada postingan ini. Pada postingan terdahulu saya sudah memberikan contoh kode untuk membuat meta box ulasan film. Untuk menampilkan post meta tersebut, silahkan masukkan kode di bawah ini ke dalam single.php theme/tema yang Anda gunakan:


Pada kode di atas, kita mulai memanggil meta post berdasarkan id masing-masing post meta. Judul film misalnya, sudah kita berikan id ’em_judulfilm’. Jadi kode untuk memanggil value dari post meta tersebut adalah sebagai berikut:

  • Judul Film:
  • Tanggal Rilis:
  • Pemeran Utama:
  • Sinopsis:


Pada kode pertama di atas, kita pendekkan menjadi satu string baru yaitu $judufilm agar mudah kita panggil ketika dibutuhkan. Hal yang sama juga diaplikasikan kepada post meta yang lain. Silahkan buat id dan string untuk masing-masing meta post Anda berdasarkan struktur kode yang sudah saya berikan.

 

 

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY