Menampilkan popular post di WordPress penting untuk menunjukkan kepada para pembaca Anda postingan mana saja yang paling difavoritkan di blog/situs Anda. Jika salah satu postingan Anda tergolong populer dengan jumlah klik dan pembaca terbanyak di antara postingan lain, kemungkinan besar para pembaca yang masuk ke postingan lain juga akan tertarik untuk membaca postingan tersebut. Itulah kenapa Anda banyak melihat situs-situs besar menampilkan postingan-postingan dan artikel-artikel mereka yang paling populer dalam jangka waktu tertentu.

Menampilkan popular post terutama sangat penting jika Anda menjalankan blog/situs berbasis berita. Terkadang Anda membahas berita-berita terbaru yang sedang trend. Misalnya tentang mantan tunangan Zaskia Gotik yang baru-baru ini menjadi primadona infotainment karena ‘kecerdasan’ lingualnya yang luar biasa. Nah, Anda bisa tetap menampilkan postingan tersebut di halaman depan Anda jika memang sempat menjadi postingan yang populer. Jadi ketika postingan ini sudah tertimbun dengan postingan yang lebih baru, pembaca Anda masih bisa dapat mengakses postingan yang lebih lama. Baiknya lagi, postingan yang populer ini bisa Anda tampilkan berdasarkan hari, minggu, bulan dan tahun.

Untuk memudahkan Anda, kita akan gunakan bantuan plugin. Plugin ini disebut dengan WordPress Popular Posts. Untuk penggunaan plugin ini, sebaiknya Anda sudah memiliki dasar pengetahuan HTML dan CSS agar mudah dalam pengaturan tampilannya nanti.

Pertama, install plugin tersebut dan masuk ke setelannya di Settings ยป WordPress Popular Posts. Anda dapat menampilkan daftar postingan populer ini dimana saja Anda mau, bisa di bawah postingan atau di widget (untuk menampilkan daftat postingan populer ini kita akan menggunakan kode pemanggil. Jadi jika ingin ditampilkan di widget, Anda harus menginstal plugin Exec PHP terlebih dulu agar widget text Anda dapat mengenali perintahnya).

Setelah Anda melakukan penyetelan yang dibutuhkan, masukkan kode di bawah ini ke bagian mana saja di theme/tema WordPress yang Anda gunakan sesuai keinginan Anda:


<?php get_mostpopular("range=monthly&limit=20"); ?>

Kode di atas akan menampilkan postingan popular blog Anda berdasarkan bulan sebanyak 20 postingan. Anda bisa merubah ini dengan mengganti parameter di dalam kode pemanggil range=monthly&limit=20. Anda bisa mengganti monthly pada parameter di atas dengan daily (berdasarkan hari), weekly (berdasarkan minggu), dengan alltime (berdasarkan usia blog/situs). Sementara parameter limit bisa Anda ganti dengan angka berapa saja sesuai dengan jumlah popular posts yang ingin Anda tampilkan.

Anda juga bisa membuat arsip postingan populer dalam sebuah halaman (page) dengan penggunaan plugin ini. Cukup buat satu custom page template dan masukkan kode pemanggil di atas ke dalam page tersebut. Bagi Anda yang belum tahu, Anda bisa lihat cara membuat custom page template yang sudah saya tulis sebelumnya.

* * * * *
Buku Formula Cinta

3 COMMENTS

  1. Oalahhh.. pantasan setelah beberapa hari make pliugin ini koq popular post nya masih ga nongol,, ternyata masih harus ada tambahan plugin lagi ya..
    makasih gan..

LEAVE A REPLY