Menampilkan logo header di WordPress adalah hal yang mudah bagi kebanyakan orang, karena hampir semua theme/tema memberikan fitur untuk menambahkan/merubah logo header WordPress Anda. Untuk menghindari kebosanan, beberapa blogger memilih untuk menampilkan logo header yang berbeda-beda yang muncul secara acak atau random. Blogger pemula mungkin berpikir bahwa untuk ini sang blogger harus mempunyai ilmu coding di tingkat dewa. Sebenarnya, tidak sama sekali. Jika Anda baru memulai blog Anda kemarin, dengan bantuan kode di bawah Anda sudah bisa membuat logo header acak/random bahkan tanpa bantuan plugin.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan logo-logo header WordPress Anda. Gambarnya hanya harus sama dalam hal ukuran dan ekstensi filenya. Sangat disarankan untuk menggunakan file gambar PNG untuk semua logo yang akan dkgunakan. Tidak ada batasan berapa banyak gambar dan logo yang bisa Anda siapkan. Pada artikel tutorial kali ini, kita gunakan saja 5 logo sebagai contoh.

Persiapkan 5 logo/gambar header tersebut dengan nama yang mudah diingat yang diberi angka diakhirannya. Contohnya: logoheader-1, logoheader-2, logoheader-3, dst.

Masukkan kode di bawah ini ke header.php WordPress Anda, tepat di bagian logo header:

[codebox 1]

Silahkan ganti src=”http://bloganda.com/gambar/logoheader-” dengan URL lokasi gambar/logo header Anda. Sedangkan angka 5 bisa Anda ganti sesuai dengan jumlah gambar/logo header yang sudah Anda upload. Angka pada width (lebar) dan height (tinggi) juga bisa Anda ganti sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan. Mudah kan?

Kunci dari fungsi ini terletak pada perintah ‘rand()’ atau yang berarti random. Perintah ini tidak hanya dikhususkan untuk WordPress, tapi juga untuk semua platform berbasis PHP. Semoga bermanfaat.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY