Menampilkan halaman maintenance penting ketika sebuah situs/blog sedang dalam perbaikan yang menyangkut fungsi dan tampilan dasarnya. Ketika proses perbaikan sedang dilakukan, terkadang ada kesalahan-kesalahan yang tidak dapat dihindari. Apalagi bicara sistem yang menyangkut kode php, salah koma saja sudah bisa membuat blog Anda menampilkan status error yang tentunya akan membuat tidak nyaman para pengunjung dan menurunkan kredibilatas blog/situs Anda.

Menampilkan halamana maintenance bisa dilakukan dengan bantuan plugin. Semua plugin yang terkategori di dalam ‘maintenance’ dapat Anda gunakan, karena pada dasarnya membuat halaman maintenance ini sangat mudah. Anda bahkan mengarahkan pengunjung blog/situs Anda ke halaman maintenance page tanpa harus menggunakan plugin. Pada tutorial WordPress kali ini, akan saya berikan caranya dengan menggunakan metode .htaccess.

Salah satu metode paling cepat dan sederhana untuk melakukan ini adalah dengan mengedit file .htaccess Anda. File .htaccess dapat Anda temukan di direktori utama blog/situs Anda ketika Anda masuk ke file manager melalui cPanel atau FTP. Buka file tersebut dan masukkan kode di bawah:

# MAINTENANCE-PAGE REDIRECT

RewriteEngine on
RewriteCond %{REMOTE_ADDR} !^198\.241\.300\.342
RewriteCond %{REQUEST_URI} !/perbaikan.html$ [NC]
RewriteCond %{REQUEST_URI} !\.(jpe?g?|png|gif) [NC]
RewriteRule .* /maintenance.html [R=302,L]

Pada kode di atas, Anda akan memerintahkan server untuk mengarahkan para pengunjung Anda ke halaman perbaikan.html (ini adalah halaman maintenance Anda, silahkan buat dan design seusai keinginan). Sementara alamat IP yang ada pada line REMOTE_ADDR adalah satu-satunya IP yang mendapat pengecualian. Pada line ini, masukkan alamat IP Anda. Jadi pada dasarnya, dengan kode ini semua pengunjung yang mengakses situs Anda akan diarahkan ke perbaikan.html, dan hanya Anda saja yang dapat mengakses halaman situs/blog asli Anda. Ini akan memudahkan Anda melakukan perbaikan pada halaman situs sepuas Anda.

Jika proyek perbaikan ini dilakukan lebih dari satu orang dengan menggunakan koneksi internet/IP address yang berbeda-beda, coba gunakan kode di bawah:


deny from all
allow from 198.241.300.342
allow from 198.120.80.222
ErrorDocument 403 /perbaikan.html

order allow,deny
allow from all

Dengan kode di atas, semua orang akan diarahkan ke halaman perbaikan.html kecuali orang-orang dengan alamat IP yang Anda masukkan di line “allow from”. Anda bisa menambahkan berapa saja IP yang Anda inginkan dan Anda juga dapat mengarahkan mereka file maintenance dengan nama apa saja yang telah Anda buat.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY