menambahkan ukuran gambar wordpressMenambahkan ukuran gambar di WordPress diperlukan jika Anda akan menampilkan lebih gambar/thumbnail postingan di lebih dari satu halaman. Maksudnya, mungkin Anda ingin menampilkan gambar dengan ukuran penuh di halaman postingan, tapi di halaman utama dan halaman search Anda ingin menampilkan gambar tersebut dengan ukuran yang lebih kecil. Pada fungsi ini kita akan menggunakan fungsi dasar bawaan WordPress yang mereka namakan add_image_size() yang akan memungkinkan Anda menentukan seberapa besar gambar dan pilihan untuk meng-crop atau memotongnya.

Pertama-tama, Anda harus mengaktifkan dulu fitur post thumbnail. Pada beberapa theme/tema WordPress umumnya sudah mengaktifkan fungsi ini sejak awal. Jika theme/tema Anda belum mengaktifkan fitur ini, cukup masukkan kode di bawah ini ke dalam functions.php:


add_theme_support( 'post-thumbnails' );

Setelah fitur post thumbnail Anda aktifkan dengan kode di atas, Anda sudah bisa memasukkan kode penambahan ukuran gambar di WordPress dengan fungsi add_image_size(). Penggunaan fungsi add_image_size() ini sangat mudah, kurang lebih seperti ini: add_image_size(‘nama-ukuran-gambar’, lebar, tinggi, crop mode’);.
Dengan memperhatikan parameter di atas, silahkan masukkan kode Anda di functions.php. Contohnya seperti ini:


add_image_size( 'gambar-sidebar', 120, 120, true );
add_image_size( 'gambar-homepage', 220, 180 );
add_image_size( 'gambar-postingan', 590, 9999 );

Seperti yang Anda lihat di atas, kita membuat 3 ukuran gambar baru yang berbeda-beda untuk masing-masing penempatan di blog/situs nantinya. Pada ‘gambar-sidebar’, kita memasukkan parameter true yang akan memotong sesuai dengan ukuran yang Anda masukkan. Ini biasanya agak riskan, karena bisa saja gambar wajah atau objek utama terpotong oleh ukuran baru Anda. Pada ukuran gambar kedua dan ketiga, kita tidak memasukkan parameter crop mode yang berarti WordPress hanya akan mengecilkan gambar dan tidak memotong gambar tersebut sesuai ukuran.

Anda bisa menggunakan kode ini sesuai kebutuhan Anda. Setelah menambahkan ukuran gambar baru, silahkan masukkan kode pemanggil ukuran gambar masing-masing di tempat yang Anda inginkan. Contohnya:


the_post_thumbnail( 'gambar-sidebar' ); //masukkan di sidebar
the_post_thumbnail( 'gambar-homepage' ); //masukkan di homepage
the_post_thumbnail( 'gambar-postingan' ); //masukkan di postingan

Ingat bahwa untuk menampilkan gambar sesuai ukuran yang telah Anda buat, Anda harus memilih gambar sebagai featured image. Gambar yang dijadikan featrued image postingan yang akan tampil ketika Anda panggil dengan contoh kode diatas. Selamat mencoba.

* * * * *
Buku Formula Cinta

1 COMMENT

LEAVE A REPLY