Pada artikel terdahulu sudah pernah saya jelaskan cara untuk membuat custom post type di WordPress. Custom post type ini adalah salah satu fitur yang membuat WordPress menjadi terkemuka dibandingkan CMS lain. Dengan fitur ini Anda dapat membuat sebuah jenis postingan yang berbeda dan dengan layout serta sifat yang berbeda dari tipe postingan standar.

Pada WordPress tutorial kali ini akan saya berikan cara untuk membuat konten default yang berbeda untuk masing-masing custom post type yang telah Anda buat. Konten default ini biasanya digunakan untuk menampilkan teks standar atau default yang ada pada semua postingan, contohnya seperti ajakan kepada pembaca Anda untuk membagikan postingan tersebut.

Cara melakukan ini sangat mudah, hanya dengan memasukkan kode di bawah ke dalam functions.php Anda:


function tambah_default_konten( $content, $post ) {

switch( $post->post_type ) {
case 'film':
$content = 'isi konten';
break;
case 'gambar':
$content = 'isi konten';
break;
case 'tokoh':
$content = 'isi konten';
break;
default:
$content = 'isi konten default';
break;
}

return $content;
}
add_filter( 'default_content', 'tambah_default_konten', 10, 2 );

Dengan kode diatas, Anda bisa memasukkan konten default yang berbeda-beda untuk masing-masing post type yang sudah Anda buat. Contoh diatas menunjukkan 3 post type yang berbeda, dengan masing-masing konten default yang bisa Anda tentukan sendiri. Anda hanya perlu mengganti ‘isi konten’ dengan konten default yang Anda inginkan.

Untuk memasukkan konten default yang sama ke semua postingan, Anda bisa lihat caranya disini.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY