Menambahkan gambar pada RSS feed WordPress memang harus dilakukan secara manual, karena secara default WordPress tidak menambahkan gambar ke dalam RSS feed blog Anda. Tidak walaupun Anda memasang featured image dan thumbnail di setiap postingan Anda. Menambahkan thumbnail pada RSS feed WordPress sangat berguna untuk lebih mendeskripsikan postingan Anda terutama kepada mereka yang berlangganan dengan RSS feed Anda.

Menambahkan gambar pada RSS feed sebenarnya tidak sulit. Anda hanya perlu mengimplementasikan sebuah kode pendek pada functions.php theme/tema WordPress yang Anda gunakan. Anda hanya perlu memastikan ukuran gambar yang Anda rasa paling tepat untuk RSS feed Anda, yang besarnya tentu sangat tergantung kepada seberapa panjang excerpt yang Anda tentukan untuk masing-masing postingan di RSS feed Anda.

Silahkan paste kode di bawah ini ke dalam file functions.php Anda:


function tambah_gambar_rss($content) {
global $post;
if(has_post_thumbnail($post->ID)) {
$content = '

' . get_the_post_thumbnail($post->ID) .
'

' . get_the_content();
}
return $content;
}
add_filter('the_excerpt_rss', 'tambah_gambar_rss');
add_filter('the_content_feed', 'tambah_gambar_rss');

Anda bisa menggunakan style tertentu untuk mengatur desain tempilan gambar pada RSS Anda. Agar gambar bisa tampil di postingan Anda di daftar RSS feed, jangan lupa untuk ‘set featured image’ atau mengambil satu gambar sebagai thumbnail pada setiap postingan. Gambar tersebutlah yang akan ditampilkan di RSS feed, jadi jika Anda lupa menentukan featured image pada postingan Anda, maka tidak akan ada gambar yang bisa ditampilkan di RSS feed.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY