Custom field pada postingan WordPress sebenarnya jarang sekali digunakan untuk sebuah blog. Tapi jika Anda menggunakan CMS WordPress untuk menjalankan sebuah bentuk situs tertentu, misalnya situs membership atau people generated content, custom field ini bisa saja berguna untuk Anda.

Contohnya pada situs membership. Anggap saja setiap user atau anggota Anda diminta untuk memasukkan satu profil pendek tentang diri mereka masing-masing saat mendaftar. Anda bisa membuatkan mereka custom post type baru untuk itu. Pada bagian bawah postingan, Anda ingin memberikan satu kolom custom untuk memasukkan url situs mereka.

Dengan menambahkan custom field secara otomatis ke dalam halaman postingan WordPress, ini akan memudahkan member Ada untuk menemukan kolom dimana mereka akan memasukkan nama situsnya.

Cara untuk melakukan ini cukup mudah, hanya dengan menambahkan kode di bawah ini ke dalam functions.php theme/tema yang Anda gunakan:


add_action('publish_page', 'add_custom_field_automatically');
add_action('publish_post', 'add_custom_field_automatically');
function add_custom_field_automatically($post_ID) {
global $wpdb;
if(!wp_is_post_revision($post_ID)) {
add_post_meta($post_ID, 'nama-kolom', 'isi kolom', true);
}
}

Anda hanya perlu mengganti “nama kolom” dan “isi kolom” yang kemudian nanti akan menjadi field name dan value dari custom field name yang Anda buat. Ini adalah sebuah trik yang sederhana, yang sekali lagi akan sangat berguna jika Anda menggunakan WordPress dengan bentuk situs tertentu, bukan blog.

* * * * *
Buku Formula Cinta

1 COMMENT

LEAVE A REPLY