mediafilesizeWordPress memiliki kemampuan standar untuk mengupload dan menyimpan media Anda ke dalam server. Media ini bisa berupa gambar, audio dan video. Tapi tergantung dari paket web hosting yang Anda gunakan, file upload size limit pada WordPress memiliki batas-batas yang berbeda. Bahkan beberapa blog bisa saja hanya memiliki file upload limit sebesar 2MB yang jelas saja sudah tidak cukup untuk mengupload audio dan video.

Kebanyakan gambar memang tidak lebih besar dari 2MB. Tapi bagaimana jika ukuran gambar Anda lebih besar daripada 2MB? Beberapa file gambar yang diambil dengan kamera SLR (bahkan beberapa smartphone modern) memiliki ukuran yang besar karena kualitas kerapatannya. Jadi apakah ini berarti Anda mustahil mengupload gambar-gambar dengan resolusi besar ke dalam blog WordPress Anda?

Solusinya adalah dengan meningkatkan file upload size limit blog WordPress Anda. Ada 3 metode yang bisa Anda gunakan:

1. Dengan PHP.ini

Pada kebanyakan akun webhosting, Anda tidak akan melihat file ini. Jika memang tidak, Anda dapat membuat file baru dengan nama PHP.ini di direktori utama server Anda. Kemudian masukkan kode di bawah ke dalam file yang sudah Anda buat tadi:


upload_max_filesize = 64M
post_max_size = 64M
max_execution_time = 300

2. Dengan Functions.php

Cara ini tentu saja lebih mudah karena Anda bahkan tidak perlu masuk ke dalam server melalui cPanel atau FTP. Kode di bawah ini cukup dimasukkan ke dalam functions.php theme/tema yang Anda gunakan:


@ini_set( 'upload_max_size' , '64M' );
@ini_set( 'post_max_size', '64M');
@ini_set( 'max_execution_time', '300' );

3. Dengan .htaccess

Cara yang satu ini juga mengharuskan Anda untuk masuk ke dalam server, baik melalui cPanel ataupun FTP. Masukkan kode di bawah ini ke dalam file .htaccess di direktori utama situs/blog Anda (jangan lupa untuk mencentang pilihan “show hidden files”)


php_value upload_max_filesize 64M
php_value post_max_size 64M
php_value max_execution_time 300
php_value max_input_time 300

Satu hal yang perlu Anda ingat bahwa cara di atas tidak akan berhasil jika Anda menggunakan paket shared hosting. Jika Anda menggunakan paket dedicated hosting, tentu saja ini akan lebih mudah. Jika Anda menggunakan shared hosting, saya sarankan untuk langsung meminta bantuan staff webhosting tersebut untuk menambahkan upload size limit blog Anda.

Depending on the web hosting company you choose and the package you select, each of you will see maximum file upload size limit on your Media Uploader page in WordPress. For some it is as low as 2MB which is clearly not enough for media files like (audio / video). Most pictures are under 2MB, so it is fine for just pictures. In this article, we will show you how to increase the maximum file upload size in WordPress.

* * * * *
Buku Formula Cinta

11 COMMENTS

  1. wah, pantesan saya coba berkali-kali di share-host, script tidak bisa berjalan untuk update kapasitas upload maupun download. tetapi saat dicoba untuk hosting semi dedicated tenyata berhasil. terimakasih atas info Super!! nya mas bro 🙂

LEAVE A REPLY