Memecah satu postingan menjadi beberapa postingan dapat Anda lakukan dengan paginasi di WordPress. Anda pasti sudah pernah melihat beberapa blog/situs informasi yang menyajikan satu konten dalam 5 halaman berbeda. Cara ini sebenarnya sangat baik untuk meningkatkan pageviews blog/situs Anda. Walaupun Anda memang dapat menggunakan bantuan plugin seperti Series Posts, sebenarnya WordPress sudah memiliki fungsi ini di dalam sistem inti mereka.

Pada dasarnya, untuk memecah postingan di WordPress Anda hanya perlu menggunakan atribut nextpage yang bisa Anda dapatkan di halaman ini: http://codex.wordpress.org/Styling_Page-Links

(catatan: atribut di atas harus dimasukkan ke dalam postingan melalui editor Text, bukan Visual)
Tapi, dalam kebanyakan theme/tema, Anda tidak akan langsung melihat perubahan. Ini karena pada kebanyakan theme, fungsi ini tidak begitu dimanfaatkan. Jadi jika Anda memasukkan atribut di atas ke dalam postingan Anda tapi tidak terjadi apa-apa, masukkan kode di bawah ini ke single.php Anda:


wp_link_pages();

Dengan kode di atas, paginasi postingan Anda akan muncul. Ada beberapa parameter yang bisa Anda gunakan untuk merubah tampilan dan fungsi paginasi Anda di WordPress. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca disini. Selamat mencoba.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY