Ketika akan membuat postingan baru, di dalam terdapat 2 tab editor yang bisa digunakan oleh penulis. Tab ini adalah tab Visual dan Text editor. Pada tab visual, Anda diberikan kemudahan untuk mengedit tulisan Anda dengan fitur standar yang hampir menyerupai fitur MS Word. Sedangkan dalam tab editor text, Anda diberi kemudahan untuk mengedit tulisan Anda sesuai keinginan Anda dengan atribut-atribut HTML.

Secara default, tab Visual akan menjadi pilihan pertama ketika Anda masuk ke menu “Add New Post”. Sebenarnya, visual editor memang memberi banyak kemudahan kepada penulis, apalagi bagi mereka yang awam dengan HTML. Tapi tab visual tidak saya sarankan kepada blogger karena membatasi ruang blogger untuk belajar dasar-dasar HTML yang sebenarnya WAJIB untuk diketahui seorang blogger.

Pada tutorial WordPress kali ini, akan saya berikan cara untuk membuat HTML editor sebagai pilihan default saat Anda akan membuat postingan baru.

Caranya sangat mudah, cukup dengan memasukkan kode di bawah ini ke dalam functions.php theme/tema yang Anda gunakan:


add_filter( 'wp_default_editor', create_function('', 'return "html";') );

Dengan begini, Anda dapat membiasakan diri untuk mempelajari atribut-atribut HTML untuk membuat layout yang Anda inginkan di setiap postingan Anda. Selamat belajar.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY