Membuat custom post type sudah diperkenalkan pertama kali sejak dikeluarkannya WordPress versi 2.9. Hingga sekarang ini, sudah banyak sekali perkembangan dari sistem custom post, dan memang terbukti banyak dibutuhkan oleh blogger untuk mengkategorikan tipe postingan mereka secara lebih spesifik. Ini seperti membuat sifat dan layout untuk masing-masing tipe postingan yang berbeda.

Membuat custom post type di WordPress dapat dilakukan dengan 2 metode; dengan menggunakan plugin dan menggunakan implementasi kode secara manual. Implementasi kode ini sendiri sebenarnya agak cukup rumit untuk mereka yang tidak terbiasa dengan coding PHP di WordPress. Karena custom post type ini berguna bagi semua blogger, maka akan saya berikan cara yang paling mudah dengan menggunakan bantuan plugin.

Plugin yang akan kita gunakan adalah Custom Post Type UI. Plugin ini memiliki fungsi yang sangat membantu, yaitu membuatkan Anda serangkaian kode custom post type yang siap Anda masukkan ke functions.php Anda. Plugin ini akan membuatkan Anda taxonomi baru berdasarkan data custom post type yang Anda inginkan.

Silahkan install pluginnya dan aktifkan. Setelah plugin aktif, klik Add New pada label ‘Custom Post Type’. Contohnya seperti gambar di bawah:

addnewsidebar

Berikutnya Anda akan diberikan pilihan untuk diisi. Pertama adalah Post Type Name atau nama yang akan Anda gunakan untuk menandai semua query post type Anda. Kemudian Label, yang nantinya akan menjadi nama Label yang ditampilkan pada Dashboard Anda. Jika Anda mengklik ‘View Advanced Options’, Anda akan mendapati beberapa opsi lain yang bisa Anda gunakan. Kebanyakan dari opsi ini sendiri sudah jelas fungsinya.

Opsi “Rewrite” memberikan kemampuan kepada custom post type Anda untuk memiliki permalink yang ramah terhadap mesin pencari. Custom Rewrite Slug sendiri bisa Anda set sesuai keinginan Anda. Misalnya, jika Anda memasukkan slug ‘tokoh’ misalnya, WordPress akan membuat permalinknya menjadi namadomainanda.com/tokoh.

Pada pengaturan terakhir ada pengaturan tentang gambar dan excerpts yang rasanya sudah dimengerti hampir semua blogger.

addnewdisplay

Cara Menampilkan Custom Post Type

Caranya mudah saja. Anda hanya perlu memasukkan kode pemanggil di bawah ini ke dalam loop postingan Anda. Ini bisa dilakukan di file single.php.


query_posts( 'post_type=tokoh');

Jika Anda ingin menampilkan lebih dari satu macam post type pada halaman yang sama, gunakan kode di bawah:


query_posts(array('post_type' => array('post', 'tokoh')));

Pada kode di atas, Anda akan menampilkan postingan dari type postingan biasa (post) dan tipe postingan tokoh. Anda hanya perlu mengganti kata ‘tokoh’ pada kode di atas untuk menampilkan custom post type yang telah Anda buat sendiri.

Untuk selengkapnya tentang custom post type bisa Anda baca disini.

* * * * *
Buku Formula Cinta

1 COMMENT

LEAVE A REPLY