Mungkin dari beberapa pengguna internet belum mengerti apa itu captcha. Captcha merupakan salah satu metode pengamanan yang biasa muncul pada saat Anda ingin login pada sebuah situs di internet sebagai tujuan untuk verifikasi apakah robot atau manusia. Metode pengamanan captcha dari setiap situs ini berbeda – beda. Ada yang menggunakan verifikasi dalam bentuk gambar, text, dan masih banyak lagi bentuk lain dari verifikasi captcha ini. Situs besar seperti Google.com pun menggunakan verifikasi captcha ini untuk memverifikasi para user yang login atau mendaftar dengan akun gmailnya.

Untuk Anda para pemilik situs baik itu menggunakan platform gratisan seperti WordPress, Blogspot, dan lain sebagainya, maka sebaiknya Anda menggunakan captcha. Pasalnya, para bot dari situs lain tentunya mengincar berbagai situs yang kurang aman untuk memasang link atau pun membuat user agar bisa dengan mudah mengakses situs Anda. Untuk pengguna situs dengan basis platform CMS gratisan seperti Worpdress, Anda akan dipermudah dengan berbagai plugin untuk menampilkan captcha pada saat login. Namun, untuk Anda yang lebih suka menyusahkan diri sendiri membuat website dengan bekal script .php sendiri maka artikel Saya kali ini bisa membantu Anda dalam membuat form login sendiri yang telah dilengkapi dengan captcha sendiri pula.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membukan program untuk mengetikkan script php yang ada di bawah. Program yang bisa Anda gunakan adalah Notepad (Bawaan Windows), Notepad++, Adobe Dreamweaver, dan lain sebagainya, jika Anda seorang programmer pasti lebih tahu. Di sini Saya mengumpakan bahwa Anda telah memiliki form login sendiri untuk website Anda. Jadi, Anda hanya cukup menambahkan script captcha saja. Script captcha tersebut bisa Anda lihat pada gambar di bawah ini.

Cara Membuat Captcha Sendiri untuk Form Login 1 oleh tekno segiempat

Setelah Anda mengetik semua script di atas, silahkan Anda simpan script-nya dengan nama yang Anda sukai. Tapi, sebaiknya nama tersebut mudah untuk Anda ingat, sehingga mempermudah dalam memanggil script-nya untuk digunakan pada halaman website Anda, misalnya saja captchaku.php. Anda jangan khawatir kalau kode captcha tersebut tidak akan berubah-ubah. Karena, script .php di atas sudah include dengan loop yang akan membuat gambar captcha berubah-ubah setiap kali Anda refresh halaman login. Script captcha di atas akan menampilkan gambar yang di dalamnya terdapat angka yang akan digenerate secara otomatis setelah Anda refresh halaman login.

Nah, sekarang untuk tahap akhir tentunya Anda membutuhkan halaman error jika user memasukkan captcha yang salah. Halaman error ini berfungsi juga sebagai halaman pengecekan untuk username dan password.

Cara Membuat Captcha Sendiri untuk Form Login 2 oleh tekno segiempat

Silahkan Anda simpan script di atas dengan nama apapun tapi tetap dengan ektensi .php. Semua ID atau pun class yang ada pada script di atas cukup disamakan dengan script website yang Anda miliki saat ini. Silahkan Anda sisipkan file – file php tersebut ke dalam folder website Anda, kemudian panggil dalam halaman login Anda sesuai dengan namanya masing-masing. Hasil dari penambahan captcha di atas kira – kira akan tampil seperti pada gambar di bawah ini.

Cara Membuat Captcha Sendiri untuk Form Login 3 oleh tekno segiempat

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY