Membatasi hasil pencarian custom post type penting dilakukan ketika Anda memiliki beberapa custom post type yang berbeda-beda dalam blog/situs WordPress Anda. Ini karena kebanyakan custom post type dibuat secara spesifik untuk konten-konten jenis tertentu, sehingga hasil pencarian Anda sebaiknya didominasi dengan postingan standar yang padat akan konten dan bukan custom post type. Jika Anda tidak tertarik dengan fitur pencarian WordPress, pada artikel sebelumnya sudah pernah saya berikan cara untuk menghapus fitur pencarian di WordPress.

Pada tutorial WordPress kali ini, akan saya berikan cara untuk mencegah custom post type mendominasi hasil pencarian WordPress Anda. Sebelumnya, tentu saja, Anda sebaiknya sudah mengetahui cara membuat custom post type di WordPress. Untuk membatasi hasil pencarian untuk custom post type tertentu, Anda cukup memasukkan kode di bawah ini ke dalam functions.php theme/tema WordPress yang Anda gunakan:


function batasipencarian($query) {
if ($query->is_search && !is_admin() ) {
$query->set('post_type',array('post','page'));
}
return $query;
}
add_filter('pre_get_posts','batasipencarian');

Pada kode di atas, kita memerintahkan WordPress untuk hanya menampilkan post dan page dalam halaman pencarian WordPress. Ini bisa Anda lihat pada baris:


$query->set('post_type',array('post','page'));

Silahkan ganti baris tersebut dengan custom post type yang Anda inginkan.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY