Menampilkan arsip bulanan pada blog adalah salah satu hal yang paling sering dilakukan oleh para blogger, tidak hanya di WordPress, bahkan juga di platform lain seperti Drupal dan blogspot. Tujuannya banyak, bisa untuk memudahkan para pembaca mencari artikel dari pengarsipan tersebut, atau hanya untuk sekedar menunjukkan seberapa aktif blogger tersebut memposting dan seberapa tua blognya. Apapun tujuannya, arsip bulanan ini seringkali kita temui pada bagian sidebar.

Sidebar itu sendiri adalah space yang sangat baik untuk memonetasi blog. Jika Anda menggunakan metode PPC untuk memonetasi blog Anda, banner iklan berukuran 300×250 sangat disarankan untuk diletakkan pada bagian sidebar. Arsip bulanan yang diletakkan disidebar sebenarnya tidak terlalu banyak memakan tempat, kecuali jika arsip tersebut menampilkan daftar arsip blog Anda selama 40 bulan! Ini hanya akan mempersempit kegunaan sidebar dan arsip pun tidak akan lagi berfungsi sebagaimana mestinya karena hanya semakin membuat bingung para pengunjung Anda.

Salah satu solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan membatasi jumlah arsip bulanan yang ditampilkan. Secara default, hampir semua theme/tema WordPress menggunakan kode arsip bulanan ini:

 

Arsip

 

Kode diatas menampilkan semua arsip bulanan. Untuk bisa membatasi jumlah arsip bulanan yang ingin Anda tampilkan, cukup masukkan kode ini ke bagian sidebar.php theme Anda:

 

Arsip

 

Silahkan ganti angka 10 pada limit=10 pada kode di atas sesuai dengan jumlah arsip bulanan yang ingin Anda tampilkan pada blog Anda.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY