Menghapus fitur search atau pencarian di WordPress terkadang memang diperlukan. Ada saat ketika halaman search atau pencarian ini lebih banyak mendistraksi pembaca dari artikel. Beberapa blogger juga menemukan fakta bahwa banyak pengunjung yang ketika secara ‘tidak sengaja’ masuk ke halaman pencarian WordPress, mereka kebingungan dengan daftar artikel pencarian yang banyak dan terpaksa harus beranjak pergi tanpa mendapatkan apa-apa.

Jika Anda salah satu dari blogger yang ingin menonaktifkan fitur pencarian di WordPress Anda, artikel ini akan sangat membantu. Cukup buka file functions.php theme/tema WordPress yang Anda gunakan dan masukkan kode di bawah ini:


function matikan_query( $query, $error = true ) {
if ( is_search() ) {
$query->is_search = false;
$query->query_vars[s] = false;
$query->query[s] = false;
// to error
if ( $error == true )
$query->is_404 = true;
}
}
add_action( 'parse_query', 'matikan_query' );
add_filter( 'get_search_form', create_function( '$a', "return null;" ) );

Dengan kode di atas, ketika pengunjung mencoba melakukan search ia akan diarahkan ke halaman 404. Dengan begitu, Anda harus memastikan theme/tema WordPress yang Anda gunakan memiliki halaman 404. Jika tidak, Anda bisa mengganti kode $error == true menjadi $error == false, untuk mengarahkan pengunjung kembali ke halaman dimana ia mencoba melakukan search/pencarian.

* * * * *
Buku Formula Cinta

1 COMMENT

LEAVE A REPLY