Memaksa pengunjung untuk login sebelum membaca postingan di WordPress sangat penting jika Anda adalah situs/blog WordPress berbasis membership. Kondisi ini dibutuhkan jika Anda menjual barang/produk tertentu di situs/blog Anda, dan artikel yang Anda buat hanya diperuntukkan bagi mereka yang sudah mendaftar sebelumnya atau sudah melakukan pembelian. Apalagi jika artikel yang Anda siapkan tersebut memang tidak boleh diakses oleh semua orang yang tidak termasuk pelanggan Anda.

Memaksa pengunjung untuk login sebelum membaca postingan juga penting Anda terapkan jika situs/blog WordPress Anda berbasis forums, dimana semua konten di dalam situs hanya diperuntukkan bagi mereka yang sudah menjadi member atau anggota. Cara ini juga biasa digunakan untuk memfilter pengunjung di artikel-artikel dewasa. Anda bisa meminta pengunjung Anda untuk login terlebih dulu untuk membaca konten dewasa di blog Anda, atau meminta mereka mendaftar jika belum melakukan pendaftaran sebelumnya.

Dengan kode yang akan saya berikan, WordPress akan mengecek apakah postingan yang diakses oleh pembaca tersebut dibatasi lalu kemudian akan mengarahkan mereka ke halaman login terlebih dulu. Kodenya pendek saja dan cukup dimasukkan ke functions.php theme/tema yang Anda gunakan:


function login_paksa() {
global $post;
if (!is_single()) return;
$ids = array(1, 2, 3); // ID postingan yang ingin dibatasi
if (in_array((int)$post->ID, $ids) && !is_user_logged_in()) {
auth_redirect();
}
}

Pada kode di atas, Anda hanya perlu mengganti nomer 1,2, dan 3 dengan ID postingan yang akan Anda ‘restrict’ atau batasi aksesnya.

Kemudian, masukkan kode pemanggil fungsi di atas ke header.php Anda:



Fungsi yang saya berikan cukup sederhana, jadi bisa Anda gunakan untuk membatasi akses pengunjung pada kategori dan halaman tertentu. Anda hanya cukup mengganti struktur pengenal halamannya saja.

* * * * *
Buku Formula Cinta

1 COMMENT

LEAVE A REPLY