Diantara banyak profesi bisnis internet yang kita kenal, salah satu profesi yang tersembunyi di balik ‘kegelapan’ dunia maya adalah para spammer. Mereka bekerja menawarkan jasa untuk melakukan aksi spam email. Jangan salah, mereka bahkan biasa dipekerjakan oleh perusahaan-perusahaan internet besar, walaupun link spam yang mereka masukkan tidak secara langsung menuju ke situs perusahaan tersebut. Jasa mereka juga seringkali digunakan untuk menjatuhkan situs perusahaan lain.

Apapun tujuannya, aksi ini adalah aksi yang ilegal dan melanggar privasi pengguna internet. Orang yang paling mudah terkena serangan spam email ini adalah blogger karena salah satu metode pencarian email oleh para spammer ini adalah dengan melakukan scan menyeluruh ke semua halaman situs Anda untuk mencari alamat email yang dapat dikumpulkan. Anda sebenarnya dapat melakukan pengamanan email Anda dengan bantuan beberapa plugin, tapi pada tutorial WordPress kali ini akan saya berikan cara untuk melindungi email dari spam dengan fungsi Antispambot yang sudah disediakan oleh WordPress.

Caranya cukup mudah, Anda tinggal memasukkan fungsi di bawah ini ketika Anda akan menampilkan email Anda di bagian mana di blog Anda:


antispambot('[email protected]');

Tentu saja, pada kode di atas silahkan ganti [email protected] dengan alamat email asli Anda.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY