Cara Manampilkan Widget di Halaman Tertentu untuk WordPress oleh tekno segiempatSitus atau website dengan menggunakan platform CMS WordPress sangatlah mempermudah para penggunanya dalam mengedit dan juga mengatur opsi yang ada. Nah, artikel kali ini mungkin cukup berguna bagi para pembaca SegiEmpat untuk keperluan blogging yang menggunakan platform WordPress untuk website Anda. Artikel tutorial Wodpress kali ini akan Saya bahas mengenai cara untuk menampilkan widget tertentu untuk halaman tertentu saja. Bagaimana itu bisa dilakukan pada situs dengan platform WordPress? Simak langkah – langkah lengkapnya di bawah ini.
1. Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah dengan menambahkan plugin baru pada situs WordPress Anda yang bernama Display Widgets. Cara penambahan plugin untuk situs WordPress bisa melalui menu Plugins > Add New, kemudian masukkan kata kunci Display Widgets pada kolom pencarian plugin. Jika, plugin telah Anda temukan langsung tekan tombol install untuk menambahkan plugin tersebut.

2. Cara lain menambahkan plugin tersebut adalah dengan melalui ftp hosting Anda. Tapi, terlebih dahulu download dulu pluginnya secara manual pada halaman utama wordpress.org/plugins/display-widgets/. Kemudian ekstrak plugin tersebut pada folder ftp situs Anda.

3. Setelah plugin Anda install maka langkah selanjutnya adalah dengan mengkatifkan plugin tersebut langsung dari menu Dashboard WordPress Anda, tepatnya di Plugins > Cari di list plugin dan klik Activate. Jika, sudah Anda aktifkan maka untuk menggunakan plugin tersebut Anda harus masuk pada menu Widgets lagi.

4. Tambahkan widget baru pada situs WordPress Anda, atau Anda bisa memilih salah satu widget yang ingin Anda uji coba. Sebagai contoh di sini Saya melakukan uji coba pada Widget recent post.

5. Pada bagian opsi Widget Recent post tersebut akan terlihat beberapa opsi tambahan yang tentunya belum ada sebelum penginstala plugin Display Widgets tersebut, berupa cek box dan juga beberapa opsi setting lainnya. Nah, opsi tambahan itulah yang bisa Anda pilih untuk menampilkan Widget akan tampil pada halaman atau kategori yang mana.

6. Inilah beberapa pilihan opsi atau menu yang bisa Anda pilih.

  • Cek Box Everyone : Pilihan opsi ini merupakan opsi untuk menampilkan Widget agar dapat dilihat oleh semua orang, baik itu user yang terdaftar atau pun pengunjung biasa yang belum terdaftar di situs Anda. Silahkan Anda centang box ini agar pengunjung semuanya dapat melihat widget ini, jika memang widget ini untuk umum.

Cara Manampilkan Widget di Halaman Tertentu untuk WordPress 1 oleh tekno segiempat

  • Box Hide on Checked Pages : Untuk menu yang kedua ini ada lagi dua opsi yang akan muncul seperti di bawah ini.
    • Hide on Checked Pages: Opsi ini gunakan untuk menyembunyikan Widget khusus pada opsi yang Anda pilih saja.
    • Show on checked Pages: Opsi ini merupakan kebalikan dari opsi di atas, yaitu menampilkan widget pada opsi yang Anda pilih saja.

Cara Manampilkan Widget di Halaman Tertentu untuk WordPress 2 oleh tekno segiempat

  • Pilihan yang terakhir adalah opsi yang menentukan lokasi atau di halaman mana widget tersebut akan Anda tampilkan. Opsi ini cukup Anda centang sesuai pilihan seperti Homepage (Halaman depan), Single Post (Halaman artikel), Category (Halaman kategori), dan beberapa pilihan lagi yang lainnya. Opsi untuk menampilkan widget pada artikel tertentu pun ada. Anda cukup memasukkan saja ID dari artikel tersebut pada kolom yang telah di sediakan.

Cara Manampilkan Widget di Halaman Tertentu untuk WordPress 3 oleh tekno segiempat

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY