Facebook kini telah berhasil menginvasi hampir semua negara di Dunia. Sehingga kini Facebook telah memiliki miliaran pengguna di seluruh dunia. Dengan pengguna yang banyak tersebut, tentunya sangat baik juga untuk para pemilik situs untuk mendatangkan pengunjung dari Facebook ke situsnya. Dengan fitur yang dimiliki WordPress yang bisa mengkoneksikan dengan Facebook maka mendatangkan pengunjung dari sosial media seperti Facebook bisa cukup mudah untuk dilakukan. Layanan wordpres berupa plugin juga bisa dimanfaatkan agar, para pengguna Facebook bisa juga login ke situs WordPress Anda, dengan menggunakan akun Facebooknya.

Cara Login Situs WordPress Dengan Facebook 1 oleh tekno segiempat

Nah, bagaimana menggunakan akun Facebook agar bisa login atau terhubung pada situs WordPress Anda? Simak langkah – langkah lengkap menambahkan Facebook login di situs WordPress di bawah ini.

– Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah dengan mendownload dan menginstal plugin yang bernama Nextend Facebook Connect. Jika Anda telah berhasil menginstalnya pada situs dengan platform CMS WordPress Anda, maka silahkan Anda langsung aktifkan plugin tersebut. Kemudian Anda cukup membuka menu Settings WordPress Anda dan klik pada plugin Nextend FB Connect untuk konfigurasi plugin agar bisa terkonek dengan Facebook login.

Cara Login Situs WordPress Dengan Facebook 3 oleh tekno segiempat

– Untuk melanjutkan langkah – langkah pengaturan pada plugin tersebut, Anda terlebih dahulu harus membuat aplikasi di Facebook, karena yang kita perlukan disini adalah ID dan juga Secret Key aplikasi Facebook tersebut. Cara untuk membuat aplikasi pada Facebook adalah dengan mengunjungi menu Facebook Developer (https://developers.facebook.com/). Kemudian pada halaman Facebook Developer tersebut Anda klik pada Create New App di bagian menu Apps. Gambar di bawah ini akan membantu untuk memandu Anda.

– Setelah itu akan ada Pop-up yang muncul untuk memilih platform dari aplikasi yang akan Anda buat tersebut, yang terdiri dari iOS, Android, Faecbook Canvas, Website. Nah, silahkan Anda pilih platform Website untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

– Pada tahap selanjutnya Anda kemudian berikan nama aplikasi tersebut, namespace (berisi nama unik hanya bersifat opsional), dan juga kategori untuk aplikasi Anda tersebut nantinya. Anda bisa menggunakan nama dari situs WordPress Anda untuk lebih memudahkan Anda dalam memilih nama. Kemudian, Anda cukup mengklik tombol Create App ID untuk proses selanjutnya.

Cara Login Situs WordPress Dengan Facebook 4 oleh tekno segiempat

– Untuk tahap berikutnya, Anda cukup menscroll ke bawah lagi dan masukkan alamat url situs Worpdress Anda dan klik tombol Next setelah pengisian selesai.

Cara Login Situs WordPress Dengan Facebook 5 oleh tekno segiempat

– Pembuatan aplikasi Facebook telah selesai. Sampai pada tahap ini Anda telah memiliki ID App dan juga Secret Key. Untuk melihat ID App dan juga Secret Key aplikasi Anda maka Anda cukup mengklik Apps untuk masuk pada Dashboard aplikasi Anda. Pada halaman tersebut sudah terlihat jelas App ID dan Secret Key Anda. Silahkan Anda copy keduanya pada notepad untuk Anda simpan dengan aman di komputer Anda.Cara Login Situs WordPress Dengan Facebook 6 oleh tekno segiempat

– Jika App ID dan Secret Key sudah ada di tangan Anda, maka selanjutnya buka kembali konfigurasi plugin Nextend Facebook Connect di situs WordPress Anda. Masukkan App ID dan juga App Secret pada kolom paling atas yang telah disediakan, kemudian Anda klik Save untuk menyimpan setingan tersebut.Cara Login Situs WordPress Dengan Facebook 2 oleh tekno segiempat

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY