Cara Copas Artikel Dari Situs yang Terkunci 2 oleh tekno segiempatMungkin Anda pernah melihat berbagai situs yang isinya hanyalah copas dari beberapa situs-situs lainnya. Yang seperti ini sudah hal yang wajar di antara para pemiliki situs. Tapi, jika Anda memiliki sebuah situs dan tidak ingin agar artikel atau konten apapun dalam website Anda dicopas, maka silahkan Anda baca artikel Saya sebelumnya yang berjudul “Cara Agar artikel tidak dicopas”. Tapi, untuk Anda yang memang ingin mencari bahan  artikel di internet sebagai bahan tulisan atau skripsi, biasanya kesulitan untuk membuka website yang diprotek kontennya seperti itu. Nah, di bawah ini ada cara copas artikel untuk situs yang  melindungi artikelnya agar tidak bisa dicopas.

Cara ini Saya bagi menjadi tiga sesuai dengan 3 browser umum yang sering digunakan saat ini. Simak langkah-langkahnya di bawah ini:

Cara copas artikel melalui browser Google Chrome

Jika Anda menggunakan browser Google Chrome maka cara di bawah ini bisa membantu Anda untuk copas artikel dari situs yang dikunci oleh pemiliknya. Simak langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Langkah awal adalah Anda harus membuka menu Settings, kemudian Anda lihat pada menu Privacy Settings.
  2. Jika telah berada pada menu tersebut Anda klik pada opsi Content Settings.
  3. Setelah muncul pop up untuk Content Settings tersebut, opsi Javascript yang berada pada mode Allow Anda ubah ke “Do allow any site to run JavaScript”. Lalu tutup Google Chrome Anda, kemudian buka kembali situs yang konten atau artikelnya tersebut diprotect atau tidak bisa dicopas dan diblok.

Cara copas artikel melalui browser Mozilla Firefox

Untuk pengguna browser ini biasanya memang lebih banyak pada PC atau laptop. Nah, pengaturan pada browser Mozilla Firefox untuk bisa mencopas artikel dari situs yang diprotect oleh adminnya bisa Anda lihat di bawah ini :

  1. Tahap pertama adalah Anda ketikkan saja “about:config” (Tanpa tanda petik) pada tempat memasukkan alamat situs web atau lebih dikenal dengan nama address bar.
  2. Pada tampilan browser Anda akan memunculkan halaman yang berisikan notifikasi “This might void Your warranty”. Anda cukup mengklik tombol biru yang bertuliskan “I’ll be carefull. I Promise”.
  3. Pada bagian paling atas Anda akan melihat kolom pencarian. Ketikkan perintah ‘Javascript.enabled’ pada kolom pencarian tersebut dan tekan enter.
  4. Setelah Anda menemukan opsi Javascript.enable tersebut, maka silahkan Anda klik dua kali opsi tersebut, hingga javascript dimatikan untuk setiap tampilan situs.
  5. Restart browser Mozilla Firefox Anda, lalu buka kembali, kemudian buka kembali situs yang ingin copas artikelnya yang diprotect tadi. Pasti sekarang sudah bisa diblok, klik kanan, serta dicopy juga.

Cara copas artikel melalui browser Internet Explorer

Untuk yang menggunakan browser Internet Explorer (apa masih ada ya?) bisa menggunakan cara di bawah ini untuk mematikan javascriptnya, kemudian artikel tersebut sudah bisa diseleksi dan dicopas.

  1. Silahkan Anda buka menu Tools, pada browser IE Anda, lalu pilih Option.
  2. Setelah tab option muncul silahkan Anda masuk pada tab Security, dan klik pada Custom level.
  3. Nah, di tahap ini Anda akan melihat berbagai macam opsi. Lalu kemudian Anda cari saja opsi yang bertuliskan Scripting.
  4. Ubah opsi menjadi “Disable” pada menu Active Scripting, kemudian “allow” pada opsi Paste Operations via Scripting dan juga Scripting of Java Applets.
  5. Klik yes dan ok, lalu tutup browser IE Anda.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY