4 Tips Mengatasi Pencurian Gambar di Website 1 oleh tekno segiempatMenggunakan WordPress sebagai platform situs Anda, maka akan dengan mudah untuk melakukan pengeditan serta penambahan fitur. Karena, pada situs berbasis WordPress ini telah banyak sekali disediakan plugin untuk membantu hal tersebut. Akan tetapi, plugin tersebut juga dapat merugikan karena, beberapa plugin bisa membantu dalam mencuri konten atau artikel sebuah situs, dan bisa saja itu adalah konten situs Anda. Salah satu pencurian konten yang banyak dilakukan adalah gambar. Nah, di bawah ini ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan dalam mengatasi pencurian gambar pada website WordPress Anda.

  1. Jangan biarkan pengunjung menggunakan klik kanan

Kenapa klik kanan harus dimatikan? Pasalnya, salah satu cara untuk mencuri gambar dari sebuah halaman situs adalah dengan menggunakan klik kanan dan memilih ‘Save image as’. Lalu kemudian dengan mudah menyimpan gambar tersebut. Untuk mematikan klik kanan pada situs yang menggunakan platform WordPress akan jauh lebih mudah. Karena, pada WordPress ada banyak sekali tersedia plugin untuk disable right click tersebut, yang salah satunya adalah WP Content Copy Protection. Plugin ini hanya akan mematikan klik kanan pada gambar saja.

  1. Pakai watermark

Watermark atau tanda air biasanya juga digunakan pada sebuah file dokumen rahasia atau yang tidak boleh disebarluaskan. Untuk Anda yang memiliki situs dan sering menggunakan gambar sendiri pada setiap artikel yang Anda posting maka pemakaian watermark memang sangat penting untuk melindungi gambar – gambar Anda dari pencurian. Pembuatan watermark ini bisa dengan menggunakan software tambahan seperti Adobe Photoshop yang disisipkan logo situs Anda pada posisi tertentu. Tapi, jika Anda tidak ingin repot – repot harus membuka program Adobe Photoshop lagi, maka Anda bisa menggunakan plugin WordPress yang bernama Easy Watermark. Plugin ini akan membantu Anda dengan mudah menggenerate watermark pada gambar yang Anda posting.

  1. Matikan hotlinking gambar di WordPress

Bisa pencuri konten atau artikel hanya langsung mencopas kesuluruhan artikel yang lengkap dengan gambar. Nah, gambar yang dicopas tersebut hanya dalam bentuk hotlinking saja, yang artinya gambar masih ada di dalam database situs Anda. Jika, hal tersebut dilakukan maka tentunya ini bisa mencuri bandwith situs Anda. Untuk mengatasi hal tersebut maka Anda bisa menonaktifkan hotlinking dengan menuliskan script di bawah ini pada file httaccess Anda.

RewriteEngine on
RewriteCond %{HTTP_REFERER} !^$
RewriteCond %{HTTP_REFERER} !^http(s)?://(www\.)?namaweb.com [NC]
RewriteCond %{HTTP_REFERER} !^http(s)?://(www\.)?google.com [NC]
RewriteRule \.(jpg|jpeg|png|gif)$ – [NC,F,L]

Ganti tulisan Namaweb.com dengan nama situs Anda.

  1. Mengaktifkan pingback WordPress

Fitgur Pingback pada WordPress sangat membantu Anda dalam mengetahui situs – situs yang mencuri artikel atau gambar Anda secara langsung. Karena, dengan pingback ini maka semua link yang ada di dalam artikel Anda tersebut termasuk gambar yang terarah ke situs Anda, akan memberikan notifikasi ke email Anda, dan juga muncul pada halaman komentar situs WordPress Anda. Hanya saja cara ini sedikit bertentangan dengan cara pada langkah ketiga di atas.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY