Menggunakan jaringan secara lokal (LAN) memang jauh lebih mudah dan cepat untuk proses berbagi (sharing) file. Para pengguna komputer tentunya lebih memilih cara ini untuk berbagi file daripada harus menggunakan cara yang lain. Walaupun, kadang-kadang terjadi masalah atau error saat ingin melakukan sharing file ini, tapi tentunya itu bisa dengan mudah untuk di atasi.

Mengatasi masalah folder yang tidak bisa dishare

Sistem operasi Windows termasuk salah satu platform OS yang mempermudah proses berbagi file sesama pengguna komputer dalam satu jaringan LAN. Akan tetapi, untuk Anda pengguna Windows 10 yang saat ini mengalami masalah tidak bisa melakukan sharing folder, maka beberapa tips berikut ini mungkin bisa cukup membantu dalam mengatasinya.

  1. Coba matikan antivirus

Folder atau file yang terdapat di dalamnya saat Anda bagikan mungkin terdeteksi bisa mengganggu sistem keamanan dari komputer Anda, atau pun komputer target. Sehingga, antivirus pun menghentikan proses sharing file tersebut dengan memblokir folder atau file yang ada di dalamnya. Maka dari itu, Anda sebaiknya menon-aktifkan sementara antivirus Anda kalau terjadi masalah seperti ini.

  1. Buka ijin akses untuk user lainnya

Untuk membuka ijin akses atau kontrol terhadap user lain yang ingin melihat atau menyalin folder tersebut, maka Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Silahkan Anda klik kanan pada folder yang ingin disharing, lalu pilih opsi Properties.
  • Buka tab Sharing dan klik opsi Advance Sharing.

  • Selanjutnya adalah dengan memberikan tanda centang pada kotak Share this folder.

  • Selanjutnya, pilih Permission dan berikan tanda centang pada kolom Allow untuk “Full Control“.

  • Kalau Anda menggunakan password, makau silahkan Anda klik tombol Add, lalu pilih Advance Options dan klik Find now.

  • Silahkan Anda klik nama user yang muncul, lalu klik tombol OK. Selanjutnya, klik pada tombol Full Control.
  1. Nonaktifkan password untuk sharing

Cara ini memang akan mempermudah proses sharing file Anda, tapi tentunya bisa juga menjadi resiko terhadap file-file Anda. Namun, kalau memang user tersebut sudah Anda percaya atau berada satu rumah dengan Anda, maka Anda bisa mencoba cara ini.

  • Silahkan buka Control Panel > Network and Sharing Center.
  • Klik pada opsi Change advanced sharing settings.
  • Selanjutnya, cukup dengan mengklik tombol tanda panah bawah untuk menu All Networks.
  • Pada bagian bawah untuk tab Password protected sharing, silahkan Anda pilih opsi Turn off password protected sharing.

Penutup

Nah, itulah beberapa langkah yang bisa Anda coba, kalau mendapati masalah folder yang tidak bisa disharing di Windows 10. Kalau Anda memiliki cara lain yang lebih mudah dan cepat atau pertanyaan seputar artikel di atas, maka Anda bisa menyampaikannya pada kolom komentar yang ada di bawah.

Selamat mencoba!

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY