Beberapa dari kita pengguna komputer mungkin hanya mengenal satu sistem operasi saja, yaitu Windows. Karena, sistem operasi Windows memang lebih mudah dalam penggunaannya, hardware yang lebih kompatibel dan mudah untuk didapatkan, serta harga yang terbilang murah untuk merakit PC atau laptop Windows. Padahal masih terdapat cukup banyak sistem operasi lainnya sebelum kemunculan dari Windows ini sendiri. Sebut saja Apple yang sudah lebih dulu merancang komputer desktop dan juga sistem operasinya sendiri.

Namun, pihak Apple sendiri tidak menjual perangkatnya secara terpisah. Sehingga Anda harus datang ke toko atau service center resmi untuk bisa membeli atau memperbaiki perangkat Apple tersebut. Sistem operasi dari Apple ini sendiri dikenal dengan nama MacOS, yang sudah terinstall pada setiap perangkat PC desktop atau pun laptop Apple.

Pihak Apple sendiri memang sudah menginstall sistem operasi Mac tersebut ke dalam laptop atau PC Desktopnya, untuk lebih mempermudah para penggunanya. Jadi, Anda tinggal pakai saja setelah Anda membelinya. Yang membuat para pengguna banyak memilih laptop atau PC Mac itu karena tampilannya yang lebih keren dan smooth.

Nah, kalau Anda memiliki laptop atau PC Windows, tapi ingin merasakan sensasi menggunakan MacOS, maka Anda bisa mengubah tampilannya itu dengan cara yang bisa Anda ikuti di bawah ini.

Cara mengubah tampilan Windows 10 terlihat seperti Mac

Walaupun, sistem operasi Windows 10 ini terus mendapatkan update dari Microsoft secara langsung, tapi tentunya para pengguna bisa mulai merasa bosan dengan tampilan itu-itu saja. Kalau Anda ingin mencoba tampilan dari sistem operasi lain, seperti MacOS yang memang lebih keren, modern, smooth, dan fungsional maka Anda bisa mengikuti cara-caranya berikut ini:

1. Lightshot

Pada MacOS sudah dilengkapi dengan fitur bawaan untuk mengambil screenshot layar yang bernama Lightshot. Pada sistem operasi Windows pun sebenarnya sudah dilengkapi dengan fitur tersebut yang bernama Snipping Tool. Namun, pada MacOS fitur Lightshot mampu menghadirkan resolusi yang lebih baik serta tambahan beberapa fitur lainnya untuk membuat hasil screenshot menjadi lebih atraktif.

Lightshot ini bisa Anda install pada perangkat komputer Windows 10 Anda saat ini. Anda cukup mendownload softwarenya di sini, lalu install seperti biasa. Untuk menggunakan software ini, maka Anda cukup menekan tombol Printscreen pada keyboard, lalu software ini pun akan langsung muncul untuk mempermudah Anda memilih area dari layar yang ingin Anda capture. Anda pun bisa mengedit hasil capture tersebut, print, atau menyimpannya di komputer.

2. Seer: Tool untuk preview dengan cepat

Pada perangkat MacOS, saat Anda memilih file dan menekan tombol Spasi, maka akan muncul detail informasi (Properties) dari file tersebut. Sehingga Anda tidak perlu lagi mengklik kanan, lalu memilih Properties pada file tersebut. Nah, kalau ingin membuat Windows 10 Anda seperti itu, maka Anda perlu menginstall tool yang bernama Seer ini. Anda pun bisa menyesuaikan pengaturan pada software ini, seperti:

  • Shortcut keyboard
  • Menginstall tambahan plugin untuk peningkatan fungsi, seperti rename, ExifTool, dan sebagainya
  • Dukungan font
  • Ganti bahasa

Software lain yang memiliki fungsi sama yang bisa Anda dapatkan dari Microsoft Store, yaitu QuickLook bisa Anda coba, dengan fitur sebagai berikut:

  • Tombol spasi: Preview/tutup preview
  • Esc: Tutup preview
  • Enter: Jalankan & Tutup preview
  • Ctrl + Mouse Wheel: Memperbesar gambar/dokumen
  • Mouse Wheel: Sesuaikan Volume

Anda bisa mencoba salah satu dari tool ini untuk membuat tampilan komputer Windows 10 Anda terlihat seperti MacOS.

3. Software perekam aktivitas layar

Perangkat MacOS memiliki software atau tool bawaan untuk merekam aktivitas layar yang bernama Quicktime Screen Recording. Pada sistem operasi Windows 10 pun sudah dilengkapi dengan fitur tersebut. Kalau dulunya kita perlu menginstall software yang bernama Camtasia, Bandicam, atau pun OBS untuk merekam layar, sekarang sistem operasi Windows 10 sudah dilengkapi dengan tool sendiri untuk melakukan hal tersebut. Nama dari tool untuk merekam aktivitas layar ini disebut dengan Game DVR.

Untuk bisa mengakses Game DVR di Windows 10, maka Anda cukup menekan tombol shortcut Win + G pada keyboard. Setelah itu, silahkan Anda membuat rekaman game yang Anda mainkan, lalu upload ke Youtube atau website video streaming lainnya.

4. Mesin/tool pencari universal

Mesin atau tool pencari universal sudah ada lebih dulu pada perangkat MacOS, dan dianggap paling terbaik. Pasalnya, tool tersebut tidak hanya diguanakan untuk mencari file atau software di komputer Anda saja. Tapi, tool tersebut bisa Anda manfaatkan untuk mencari informasi di internet secara langsung.

Nah, pada Windows 10 pun sudah dilengkapi dengan fitur tersebut yang juga berfungsi sebagai asistem digital, yang bernama Cortana. Untuk mengaksesnya, maka Anda cukup menekan tombol Win + Q pada keyboard, lalu ketikkan hal yang ingin Anda cari secara universal, baik di penyimpanan komputer Anda atau pun di internet. Untuk hasil pencarian di internet sendiri, akan menampilkan hasil pencarian dari mesin pencari Microsoft, yaitu Bing.

Anda juga bisa menggunakan software yang bernama Wox yang bisa diakses dengan cukup menekan tombol Spasi saja, sangat mirip dengan MacOS.

Shortcut tersebut bisa Anda ganti sesuai keinginan Anda, dan berbagai pengaturan lainnya yang bisa mempermudah Anda dalam menggunakan software Wox ini.

5. WinLaunch

Pada MacOS memiliki launcher yang menjadi ciri khas tersendiri. Kalau Anda ingin menambahkan launcher seperti itu di Windows 10 Anda, maka Anda cukup menginstall software yang bernama WinLaunch. Anda bisa menambahkan file, software, atau pun url ke dalam WinLaunch ini untuk mempermudah Anda mengkasesnya. Untuk membukanya pun Anda cukup menekan tombol Shift + Tab pada keyboard.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat tampilan Windows 10 Anda sekeren MacOS. Tampilan tersebut memang tidak sepenuhnya berubah, tapi hanya beberapa fitur bermanfaat dari MacOS saja yang kita gunakan. Kalau ada tambahan atau pertanyaan, silahkan tinggalkan komentar di bawah.

Semoga membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY