Sistem operasi Windows 10 saat ini sudah memiliki jumlah pengguna yang sangat banyak. Bahkan, bisa dikatakan kalau rata-rata pengguna komputer Windows sebelumnya, sudah beralih ke Windows 10.

Bagaimana tidak? Sistem operasi Windows 10 ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur dan program bawaan yang membuatnya bekerja dengan lebih baik dan stabil. Program pihak ketiga pun lebih kompatibel dengan update-update terbarunya. Para gamer pun sudah semakin dipermudah dengan tambahan fitur yang bernama mode gaming pada Windows 10 ini.

Tidak hanya itu saja, pihak Microsoft juga lebih sering mengeluarkan update-update terbaru pada Windows 10 ini. Update terbaru tersebut biasanya membawa fitur terbaru, serta beberapa perbaikan dari bug yang ditemukan oleh Microsoft, maupun yang dilaporkan oleh para pengguna.

Nah, pada artikel kali ini Saya akan membahas salah satu masalah yang ditemukan pada Windows 10 tersebut. Di mana masalah ini memang banyak dikeluhkan oleh para pengguna saat ini. Pasalnya, masalah ada hubungan dengan update pada Windows 10, yaitu komputer para pengguna menjadi lambat loading setelah melakukan update terbaru.

Update yang dibawa oleh Microsoft pada Windows 10 memang terkadang cukup banyak tambahannya. Sehingga, hardware komputer pun akan terkuras cukup banyak.

Windows 10 menjadi lambat setelah update

Melambatnya sistem operasi Windows 10 setelah update tentunya tidak serta merta dilakukan secara sengaja oleh pihak Microsoft. Melambatnya sistem tersebut biasanya dipicu oleh berbagai hal yang perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, baik itu pada sistem atau pun pada hardware komputer Anda.

Penyebab komputer Windows 10 melambat setelah update

Walaupun memang ada banyak sekali penyebab yang bisa memicu masalah ini, tapi biasanya sistem yang lambat tersebut lebih banyak dipengaruhi oleh update pada fitur keamanan (Security) dan juga fitur-fitur lainnya.

Salah satu cara yang paling mudah dalam mencari tahu penyebab sistem operasi Windows 10 menjadi lambat setelah update dan juga melakukan langkah awal dalam mengatasinya adalah dengan membuka task manager. Di dalam task manager ini Anda bisa melihat dan memeriksa setiap proses serta penggunaan dari resource (hardware) komputer Anda, khususnya pada Disk. Kalau ternyata pada bagian disk, memperlihatkan adanya proses sampai 100% secara terus menerus, maka Anda perlu mencari tahu file apa saja yang menyebab hal tersebut.

Tips mengatasi Windows 10 yang lambat setelah update

Dalam mengatasi masalah ini, Anda bisa mencoba beberapa cara yang umum dilakukan seperti yang ada di bawah ini:

  1. Kembalikan update Security ke versi sebelumnya.
  2. Kembalikan update fitur ke versi sebelumnya.
  3. Masuk ke Safe Mode Windows 10, lalu lakukan proses Clean Boot.
  4. Lakukan update pada driver komputer Anda.
  5. Melakukan proses SFC scan

Untuk penjelasan serta langkah-langkah dalam menjalankan cara-cara di atas, maka silahkan Anda lihat satu-persatu di bawah ini:

Tips 1: Mengembalikan update security ke versi sebelumnya

Kalau memang Anda mendapati masalah ini ada pada fitur Security yang mengalami update, maka Anda bisa mengembalikan update tersebut ke versi sebelumnya. Prosedur untuk mengembalikan update fitur di Windows 10 adalah sebagai berikut:

  • Silahkan Anda klik pada tombol Start dan kemudian simbol gear-like untuk membuka menu Settings, atau Anda bisa juga menekan tombol shortcut keyboar Win + i.
  • Kemudian, Anda klik lagi pada menu Updates and Security > Windows Update > View update history.

  • Selanjutnya, Anda klik pada opsi Uninstall updates, dan itu akan mengisi daftar Windows Update terbaru.

  • Setelah itu, Anda tinggal mengklik kanan pada Security Update terbaru dan pilih Uninstall.
  • Jika sudah sampai pada tahap tersebut, maka Anda lanjut dengan melakukan Restart pada komputer.

Tips 2: Mengembalikan update dari fitur-fitur terbaru ke versi sebelumnya

Untuk cara kedua ini, caranya itu agak sedikit tricky. Karena, prosesnya ini dilakukan tidak pada jendela Explorer Windows, melainkan pada halaman Advance mode Windows 10. Prosedurnya itu bisa Anda lihat di bawah ini:

  • Silahkan Anda tekan dan tahan tombol Shift pada keyboard, sambil mengklik pada tombol Restart.

  • Saat komputer Anda sudah restart dan kembali booting, maka Anda akan masuk dalam Recovery mode. Di halaman ini, silahkan Anda pilih pada menu Troubleshoot > Advanced Options.

  • Kemudian, Anda tinggal memilih opsi Go back to previous version of Windows.

Tips 3: Boot ke Safe Mode kemudian lakukan clean boot

Clean booting ini merupakan salah satu cara yang paling banyak digunakan mengalami masalah pada sistem operasi Windows 10. Pasalnya, dengan melakukan clean boot, maka program, fitur atau pun service yang berjalan pada komputer Anda bisa dipilih. Prosedurnya adalah sebagai berikut:

  • Silahkan Anda masuk ke dalam Safe Mode Windows 10 terlebih dulu, dengan cara-cara yang bisa Anda lihat di sini.
  • Selanjutnya, Anda lakukan dulu pengecekan pada Safe Mode, tersebut apakah masih mengalami masalah yang sama. Kalau memang di safe mode, Windows 10 Anda tetap lancar tanpa kendala, maka masalahnya itu ada pada program atau driver.
  • Kemudian, silahkan Anda lakukan Clean Booting Windows 10 di Safe Mode, dengan cara-cara yang bisa Anda lihat pada artikel ini.

Tips 4: Perbarui driver

Kalau ternyata sistem Anda masih tetap bisa bekerja dengan baik dalam Safe Mode, ada kemungkinan bahwa beberapa driver mungkin telah dikacaukan oleh update Windows 10 tersebut. Berikut adalah prosedur untuk update driver di Window 10. Akan tetapi, kalau ternyata proses update ini untuk semua driver hardware komputer, maka akan memakan waktu yang cukup lama pastinya. Maka dari itu, Anda sebaiknya menggunakan software pihak ketiga untuk melakukan update tersebut.

Tips 5: SFC scan

File sistem yang mengalami kerusakan, hilang atau corrupt memang bisa menjadi salah satu penyebab melambatnya komputer Anda setelah melakukan update Windows 10. Dengan melakukan rollback memang bisa mengatasi masalah seperti ini dengan cepat. Tapi, kalau ternyata Anda tetap ingin menggunakan update tersebut dengan fitur-fitur terbarunya, maka Anda bisa menggunakan tool SFC ini. Prosedur atau langkah-langkah dalam melakukan sfc scan adalah sebagai beriktu:

  • Silahkan tekan tombol Win + X pada keyboard, lalu klik pada menu Command Prompt (Admin).
  • Setelah berada di dalam jendela Command Prompt (CMD) tersebut, silahkan Anda lanjut dengan mengetikkan perintah berikut, yang diakhiri dengan tombol Enter untuk menjalankannya:

DISM.exe /Online /Cleanup-image /Restorehealth

  • Silahkan Anda tunggu sampai proses scanning ini selesai.
  • Kemudian ketikkan lagi perintah berikut dan tekan Enter untuk menjalankan pemindaian SFC:

sfc /scannow

  • Jika proses scanning sudah selesai, silahkan Anda restart komputer Anda.

Akhir kata

Nah, seperti itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah untuk mengatasi masalah Windows 10 yang melambat setelah update. Kalau Anda memiliki cara lain yang lebih mudah atau pertanyaan seputar artikel tersebut, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang telah kami sediakan di bawah.

Semoga itu membantu!

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY