Untuk para pengguna perangkat VGA Card nVidia maka Anda tentunya akan mendapatkan software GeForce Experience. Software ini sendiri bisa digunakan untuk melakukan proses instalasi atau update driver VGA Card Anda langsung dari nVidia. Karena, GeForce Experience ini sendiri memang akan selalu memberikan notifikasi akan adanya update terbaru dari driver VGA Card jika tersedia.

Melakukan update driver ditujukan untuk mengikuti perkembangan dari sistem operasi dan juga software-software terbaru. Driver yang tidak pernah mendapatkan update biasanya akan mengalami masalah saat membuka software-software terbaru saat ini, serta beberapa layanan dari sistem operasi seperti Windows pun akan dihentikan tanpa sepengetahuan pengguna.

Salah satu masalah untuk para pengguna perangkat VGA nVidia adalah, munculnya pesan berikut:

NVIDIA GeForce Experience, Something went wrong, Try restarting GeForce Experience

Di bawah ini kami akan memberikan Anda beberapa tips untuk membantu dalam mengatasi masalah tersebut.

NVIDIA GeForce Experience tidak berfungsi atau tidak mau terbuka

Jika NVIDIA GeForce Experience tidak berfungsi atau tidak bisa terbuka, dan muncul pesan error seperti di atas, maka langkah awal yang bisa Anda lakukan di sini adalah dengan menutup GeForce Experience tersebut lalu membukanya kembali (Restart GeForce Experience). Di samping itu pula, Anda bisa mencoba melakukan system restore, jika memang Anda sempat melakukan backup sebelum masalah ini muncul.

Tapi, kalau kedua cara di atas tidak ada yang berhasil, maka Anda bisa mengikuti beberapa tips singkat di bawah ini:

  1. Periksa NVIDIA Display Driver Services

Untuk mengecek service ini, maka Anda harus membuka Windows Services Manager, dengan cara menekan tombol Win + R. Kemudian, ketikkan services.msc, dan tekan tombol Enter pada keyboard. Setelah halaman Windows Service Manager tersebut terbuka, silahkan Anda pastikan semua service sesuai dengan pengaturan di bawah ini:

  • NVIDIA Display Container LS – Automatic
  • NVIDIA NetworkService Container – Manual
  • NVIDIA LocalSystem Container – Automatic
  • NVIDIA LocalSystem Container – Automatic
  • NVIDIA GeForce Experience Service – Automatic (Delayed Start)
  • NVIDIA Geforce Experience Backend Service – Automatic (Delayed Start)
  • NVIDIA Telemetry Container service – Automatic

Anda bisa juga membuka service tersebut untuk memastikan kalau sudah berjalan. Dengan mengklik dua kali pada service tersebut, lalu klik tombol Start untuk menjalankannya. Atau Anda bisa mengklik tombol Stop lalu klik lagi tombol Start untuk melakukan restart service.

  1. Update drivers NVIDIA Anda

Melakukan update driver adalah salah satu hal penting untuk dilakukan untuk membuat hardware tetap bisa mengikuti sistem dan juga software yang Anda gunakan. Kalau GeForce Experience Anda bermasalah atau tidak bisa terbuka, maka Anda bisa langsung membuka halaman website nVidia untuk mendownload driver dari VGA yang Anda gunakan.

Dari halaman website tersebut, Anda tinggal memilih type atau model dari VGA Card yang Anda gunakan. Anda pun bisa mendownload update software GeForce Experience tersebut, kalau memang software GeForce Experience di komputer Anda terus bermasalah. Setelah melakukan update, jangan lupa untuk melakukan restart komputer untuk memastikan kalau driver tersebut sudah terpasang dengan baik dan benar.

  1. Instal ulang Driver

Kalau cara update langsung tidak berhasil, maka Anda bisa melakukan uninstall driver lalu menginstall kembali driver versi terbarunya tersebut.

Akhir kata

Itulah beberapa cara dalam mengatasi masalah nVidia GeForce Experience yang tidak bisa terbuka atau error di komputer Anda. Kalau Anda memiliki cara lainnya atau pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang ada di bawah.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY