Update-update yang diberikan oleh Microsoft kepada Windows 10, biasanya berupakan penambahan fitur dan juga perbaikan pada error atau bug yang didapatkan atau pun yang dilaporkan oleh pengguna lainnya. Salah satu error yang banyak ditemui oleh para pengguna, yaitu error 0x80070015 di saat sedang melakukan update Windows, Microsoft Store, atau pun Windows Defender. Masalah ini biasanya disebabkan oleh adanya error pada file update, atau pun pada server Microsoft itu sendiri.

Cara mengatasi masalah error 0x80070015 di Windows 10

Sebelum kita mulai melangkah lebih jauh mengenai penanganan masalah ini, maka sebaiknya Anda mencoba langkah sederhana dengan melakukan restart pada komputer. Setelah komputer kembali menyalan, silahkan Anda proses update kembali. Kalau ternyata masih gagal dengan kode error yang sama, maka Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Error 0x80070015 pada saat update Windows 10

  • Jalankan Windows Update troubleshooter

Sistem operasi Windows 10 memiliki fitur troubleshooter yang bisa membantu menangani permasalahan sistem dengan cepat dan secara otomatis. Untuk mengakses halaman Windows update troubleshooter tersebut, silahkan Anda tekan tombol Win + i pada keyboard, untuk membuka halaman Settings. Setelah itu silahkan Anda lanjut klik menu Update & Security > Troubleshoot. Pada panel bagian kanan, silahkan Anda cari Windows update dan klik Run troubleshoot.

  • Hapus file Windows Update & foldernya

Silahkan Anda buka drive C:, di komputer Anda. Setelah itu, masuk ke dalam Program Data > SoftwareDistribution. Hapus semua file yang ada di dalam folder ini dengan menekan tombol CTRL + A, lalu tekan lagi tombol Shift + Delete pada keyboard. Lakukan pula yang folder catroot2, yang bisa Anda temukan pada folder Windows > System32 > catroot2.

2. Error 0x80070015 Microsoft Store

  • Matikan proses yang terkait dengan PowerISO

Silahkan Anda buka Task Manager, dan klik pada opsi More details. Setelah itu, silahkan Anda cari setiap proses PowerISO, dan klik kanan lalu pilih opsi End process tree.

  • Registrasi kembali Microsoft Store

Cari PowerShell pada Start Menu, dan buka dengan akses Administrator. Setelah terbuka, silahkan Anda ketikkan perintah di bawah ini:

powershell -ExecutionPolicy Unrestricted Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register $Env:SystemRoot\WinStore\AppxManifest.xml

Pastikan untuk melakukan restart pada komputer Anda jika sudah selesai.

  • Reset Microsoft Store

Buka kembali PowerShell atau Command Prompt sebagai Administrator. Lalu jalankan perintah wsreset, dan tekan tombol Enter. Perintah tersebut akan mereset ulang pengaturan Microsoft Store Anda.

3. Error 0x80070015 Windows Defender

Untuk Windows Defender sendiri, Anda cukup menghapus semua antivirus dari pihak ketiga yang terinstall di komputer. Kalau Anda memang pernah menginstal sistem operasi lainnya, seperti AVG, Kaspersky, atau lainnya, sebaiknya Anda uninstall.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi masalah Error 0x80070015 pada Windows Update, Microsoft Store, dan juga Windows Defender. Kalau Anda memiliki cara lain atau pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang ada di bawah.

Semoga membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY