CPU Usage yang tinggi saat ini menjadi keluhan bagi beberapa pengguna komputer Windows 10. CPU Usage atau penggunaan CPU yang tinggi ini bisa membuat kinerja komputer Anda menjadi melambat, overheating, hingga bisa mengalami restart. Hal ini tentunya akan mengganggu pekerjaan Anda saat bekerja dengan komputer.

Salah satu masalah CPU Usage tinggi itu ditemukan pada proses yang disebut dengan “Windows Shell Experience Host“. Untuk Anda yang mengalami hal serupa, dan ingin mendapatkan penjelasan mengenai “Windows Shell Experience Host” ini, maka silahkan Anda ikuti artikel ini hingga selesai.

Apa itu Windows Shell Experience Host?

Windows Shell Experience Host ini merupakan bagian dari sitem operasi Windows dan bukanlah berupa virus, malware, atau pun program perusak lainnya pada komputer. Windows Shell Experience Host ini sendiri memiliki tugas untuk menangani setiap elemen grafis atau bagian dari tampilan aplikasi universal di komputer Windows Anda.

Misalnya saja, untuk interface grafis dari star menu, taskbar, visual pada notifikasi (jam, kalender, dan lainnya), serta perubahan terhadap background desktop. Semua poin-poin tersebut ditangani oleh suatu proses yang bernama Windows Sheel Experience Host ini.

Penggunaan CPU Tinggi oleh Windows Shell Experience Host di Windows 10

Dalam kondisi komputer yang bersifat normal, proses pada Windows Shell Experience Host ini sendiri memang hanya memerlukan konsumsi sebesar 5 sampai 7% CPU saja. Di mana hal ini pun akan terjadi kalau adanya kinerja grafis pada komputer Anda. Proses tersebut pun akan cepat kembali normal atau nol (0) dengan cepat.

Yang menjadi masalah itu adalah ketika proses dari Windows Shell Experience Host ini sudah mengkonsumsi CPU cukup besar, hingga 25 sampai di atas 35%, dan bahkan mempengaruhi penggunaan memori yang juga ikut meningkat drastis. Kalau memang komputer Anda termasuk yang mengalami hal serupa, maka Anda perlu melakukan penanganan atau perbaikan.

Tips memperbaiki CPU Usage tinggi pada Windows Shell Experience Host

Untuk Anda yang sering mengalami masalah seperti ini, maka Anda bisa mengatasinya dengan beberapa langkah di bawah ini:

  • Langkah pertama yang perlu untuk Anda lakukan di sini adalah dengan memastikan sistem operasi Windows 10 di komputer yang Anda gunakan itu sudah diupdate ke versi yang paling terbaru. Karena, memang setiap update dari Windows 10 ini pasti akan diberikan perbaikan dari bug atau pun laporan dari para pengguna sebelumnya, termasuk untuk masalah CPU Usage tinggi ini.
  • Untuk mengecek apakah Windows 10 Anda sudah menggunakan versi yang paling terbaru, silahkan Anda klik pada Start menu > Settings. Di dalam menu Settings ini, silahkan Anda lanjut dengan mengklik menu Update & Security.

  • Pada jendela selanjutnya, silahkan Anda klik pada opsi Windows Update, kemudian pada panel bagian kanannya, klik pada tombol Check for updates, untuk mengecek apakah ada update terbaru untuk komputer Anda.

  • Kalau memang ada, silahkan Anda ijinkan komputer Anda untuk melakukan pemeriksaan Update dan Install update tersebut.

Seperti itulah langkah sederhana yang perlu untuk Anda coba pertama kali saat mengalami CPU Usage tinggi di Windows Shell Experience Host Windows 10 ini. Kalau memang cara sederhana seperti ini tidak memberikan solusi atau hasil, maka Anda bisa memperbaiki masalah penggunaan CPU usage tinggi ini melalui beberapa tips berikut ini:

  1. Ganti background desktop

Salah satu penyebab paling umum terjadinya peningkatan penggunaan CPU yang tinggi oleh Windows Shell Experience Host di Windows 10 ini adalah karena background. Kalau Anda menggunakan tampilan background yang slide atau berganti secara otomatis setiap beberapa menit atau bahkan detik, maka ini bisa termasuk salah satu penyebab utamanya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, maka Anda coba ganti background desktop Anda dengan warna yang solid saja, dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Silahkan Anda klik pada start menu, lalu klik pada menu Settings.

  • Pada jendela Settings tersebut, silahkan Anda lanjut klik pada menu Personalization.

  • Kemudian di jendela berikutnya, silahkan Anda klik pada menu Background, dan lihat pada panel sebelah kanan lalu klik pada menu drop down untuk memilih dan mengganti warna solid pada Background Anda.

  • Jika sudah selesai, ada baiknya Anda melakukan restart pada komputer untuk melihat perubahan pada CPU usage.
  1. Matikan fitur ganti background otomatis

Kalau memang Anda menggunakan fitur atau pengaturan ganti background secara otomatis setiap beberapa menit atau detik, maka sebaiknya Anda matikan fitur tersebut dengan cara sebagai berikut:

  • Silahka Anda klik Start Menu, lalu klik pada menu Settings. Selanjutnya, pada jendela Settings tersebut, silahkan Anda klik menu Personalization.

  • Pada layar Personalization tersebut, silahkan Anda klik menu Colors yang muncul dari daftar. Lalu, pada bagian sisi kanan jendela Colors tersebut, Anda hilangkan tanda centang pada opsi yang bertuliskan Automatically pick an accent color from my background.

  • Silahkan restart komputer Anda untuk menerapkan perubahan.
  1. Kurangi efek transparansi

Karena, Windows Shell Experience Host juga bertanggung jawab atas efek transparansi untuk start menui, taskbar, toolbar, action center, dan menu lainnya, maka Anda perlu menonaktifkan efek transparansi tersebut untuk mencoba memperbaiki masalah tersebut.

  • Silahkan Anda klik pada tombol start menu.
  • Selanjutnya, Anda klik pada menu Settings.
  • Di dalam menu Settings tersebut, silahkan Anda klik lagi pada menu Personalization.
  • Kemudian, Anda klik menu Colors, lalu pada bagian panel kanan Anda ubah toggle menjadi Off pada fitur Transparancy Effects.
  1. Jalankan perintah SFC

Untuk tips terakhir dari Saya dalam menangani masalah CPU Usage tinggi oleh Windows Shell Experience Host adalah dengan menjalanka perintah SFC. Karena, kemungkinan hal ini disebabkan oleh adanya kerusakan file sistem pada Windows Anda. Langkah-langkahnya itu adalah sebagai berikut:

  • Silahkan Anda klik kanan pada start menu Windows, lalu pilih pada opsi Command Prompt (Admin).

  • Setelah halaman Command Prompt (CMD) tersebut terbuka, silahkan Anda ketikkan perintah sfc /scannow, kemudian Anda akhiri dengan tombol Enter untuk mengeksekusi (menjalankan) perintah tersebut.

  • Tunggu hingga proses scanning selesai.
  • Dan setelah selesai, silahkan Anda Restart komputer untuk mendapatkan efek dari proses sfc tersebut, yang nantinya akan mengganti semua file-file system yang telah rusak atau terhapus.

Penutup

Nah, itulah beberapa tips yang bisa dicoba pada komputer Anda yang mengalami masalah CPU Usage tinggi untuk Windows Shell Experience Host di Windows 10. Kalau Anda memiliki cara yang lebih mudah dan cepat, atau pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang telah kami sediakan di bawah.

Selamat mencoba!

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY