Blue Screen of Dead atau biasa dikenal dengan BSOD pada Windows, merupakan salah satu gangguan yang kerap kali terjadi pada komputer. Masalah ini sendiri memang kerap kali dialami oleh para pengguna komputer Windows sejak dulu. Akan tetapi, permasalahan blue screen seperti ini tentunya tidak terjadi begitu saja, tanpa ada sebab. Biasanya, masalah ini terjadi dikarenakan software yang memicu kesalahan pada hardware. Salah satunya itu yang akan kita bahas di sini adalah blue screen Memory_Management karena Google Chrome.

Saat Anda membuka Google Chrome, kemudian terhubung ke internet, lalu Windows 10 Anda pun mengalami crash dengan blue screen MEMORY_MANAGEMENT, maka artikel ini tentunya menjadi solusi untuk Anda. Karena, permasalahan ini bisa terjadi saat Chrome meminta lebih banyak resource memori saat mencoba mengakses jaringan (internet), di mana jumlah memori ternyata tidak mampu memenuhi permintaan tersebut, sehingga terjadi blue screen.

Cara mengatasi blue screen MEMORY_MANAGEMENT di Google Chrome

Untuk Anda yang memang mengalami kondisi serupa, maka silahkan Anda ikuti beberapa langkah berikut ini untuk mengatasinya.

  1. Nonaktifkan fitur Hardware Acceleration

Chrome adalah browser yang memang menggunakan fitur akselerasi hardware untuk membuat tugasnya lebih cepat. Hal ini juga berarti bahwa Chrome tentunya akan cukup banyak menyerap resource dari hardware komputer Anda nantinya. Untuk itu, silahkan matikan hardware acceleration tersebut dengan mengikuti cara-cara pada artikel ini.

  1. Jalankan Driver Verifier

Driver Verifier adalah program inbuilt di Windows yang dapat menemukan apakah driver yang telah Anda install memang menyebabkan masalah. Dalam hal ini, kemungkinan driver jaringan yang menjadi penyebab dari masalah tersebut. Maka dari itu, sebaiknya Anda install ulang atau update driver hardware Anda ke versi yang terbaru. Tapi, kalau Anda sudah menggunakan driver versi terbaru, maka Anda bisa melakukan rollback ke versi lama.

  1. Jalankan Windows Memory Diagnostic Test

Kalau memang pesan error yang muncul di blue screen komputer Anda adalah Memory_Management, itu berarti ada masalah pada RAM Anda. Untuk mengetahui apakah memang ada masalah pada RAM komputer Anda, maka silahkan Anda lakukan tes Diagnostik Memory Windows. Fitur ini akan bisa membantu dalam melakukan pengujian pada RAM Anda, kemudian akan memberikan solusi yang memungkinkan untuk perbaikan tersebut. Akan tetapi, terkadang dengan cukup melakukan restart saja, maka masalah pada RAM itu biasanya akan langsung terselesaikan.

Kalau dari 3 cara di atas tidak ada yang berhasil, maka cara terakhir yang bisa Anda lakukan di sini adalah dengan melakukan install ulang browser Chrome.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa mengatasi blue screen Memory_Management saat membuka Chrome. Semoga beberapa cara di atas bisa membantu Anda dalam mengatasi permasalahan tersebut.

Selamat mencoba!

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY