Untuk para gamer, sudah pasti mengenal dengan baik, BattlEye Service. BattleEye Service sendiri ini merupakan layanan yang digunakan oleh game-game kelash high-end, seperti Playerunknown’s Battleground (PUBG), ARK Survival Evolved, dan yang sekelasnya. Layanan ini digunakan untuk mengawasi kalau ada player yang melakukan kecurangan pada game tersebut. Makanya, kebanyakan game-game yang menggunakan BattlEye Service ini adalah game FPS, Battle Royale, atau Multiplayer dan lainnya.

Saat game sudah mulai loading atau terbuka, maka BattlEye Service ini pun akan mulai melakukan inisialisasi atau pengecekan terhadap file-file yang ada di dalam game tersebut. Proses inisialisasi inilah yang kadang membuat BattlEye Service menjadi error, sehingga game pun tidak bisa berjalan. Pesan error yang muncul tersebut salah satunya berbunyi:

Failed to initialize BattlEye service: Driver load error (1450)

Nah, kalau pesan errror tersebut sudah muncul, maka game yang ingin Anda mainkan pun tidak akan terbuka. Hal ini tentunya akan sangat mengganggu aktivitas gaming Anda.

Penyebab BattlEye Service gagal load

Seperti yang disebutkan pada pesan error tersebut, di mana masalah tersebut disebabkan oleh kegagalan inisialisasi dengan driver yang terkait.

Coba langkah awal berikut untuk mengatasinya, sebelum kita melanjutkan ke solusi-solusi yang lebih lanjut:

  • Coba Anda melakukan update pada Windows 10 terlebih dulu, kalau memang tersedia update terbaru.
  • Kalau Anda menjalankan antivirus, maka silahkan Anda nonaktifkan dulu, mulai dari service dan proses scanningnya. Karena, memang beberapa antivirus akan mengganggu BattlEye Service ini.

Solusi dalam mengatasi BattlEye Service Driver Load Error

Kalau 2 langkah awal di atas memang belum bisa mengatasi masalah tersebut, maka Anda bisa melanjutkan dengan metod-metode berikut ini:

  1. Melakukan perbaikan melalui CMD
  • Langkah pertama adalah dengan menekan tombol Win + X pada keyboard. Setelah itu, silahkan Anda klik Command Prompt (Admin) dari daftar menu yang muncul.
  • Setelah halaman CMD terbuka, silahkan Anda ketikkan perintah berikut ini, yang diakhiri dengan menekan tombol Enter untuk mengeksekusi perintah tersebut:

bcdedit -set TESTSIGNING OFF

Gambar 2

  • Jika Anda sudah menjalankan perintah tersebut, silahkan Anda tutup Command Prompt (CMD), dan restart komputer Anda.
  1. Restart BattlEye Service dari halaman Service Manager
  • Tekan tombol Win + R, lalu ketikkan msc pada kolom RUN, dan tekan tombol Enter untuk membuka halaman Service Manager tersebut.

  • Di dalam halaman ini Anda akan melihat semua layanan yang berjalan pada komputer Windows 10 Anda sesuai dengan urutan abjad. Silahkan Anda cari BattlEye Service pada halaman tersebut.
  • Klik kanan pada BattlEye Service tersebut dan pilih opsi Restart.
  • Setelah selesai, coba Anda restart komputer Anda, lalu jalankan kembali game yang ingin Anda mainkan tersebut.

Akhir kata

Semoga artikel yang membahas tentang cara mengatasi BattlEye Service Driver Load Error ini bisa cukup membantu untuk Anda yang mengalami masalah serupa.

Selamat mencoba!

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY