Beberapa dari kita mungkin tidak menyadari kalau ternyata di dalam komputer kita itu terdapat file-file yang sama atau kembar. File-file tersebut pun biasanya tersimpan di folder yang berbeda, karena kita tidak sadar kalau ternyata file tersebut sudah pernah ada dan dibuat sebelumnya. Untuk para desain grafis dan juga video editor pasti banyak mengalami masalah seperti ini.

Pasalnya, desain grafis yang pekerjaannya membuat atau mendesain gambar itu pastinya akan sering mendapatkan revisi dari klien, sehingga file-file yang mungkin sudah pernah dibuat sebelumnya masih tersimpan di dalam komputer. File tersebut disimpan untuk berjaga-jaga agar kalau-kalau nantinya pihak klien ternyata meminta kembali file tersebut. Namun, biasanya kita lupa kalau file tersebut ternyata sudah tersimpan sangat lama di dalam komputer, bahkan sudah bertahun-tahun. Hal inilah yang membuat media penyimpanan di dalam komputer menjadi cepat habis atau berkurang.

Cara menambah ruang di penyimpanan komputer dengan menghapus file duplikat

Dengan menghapus file-file duplikat atau kembar pada komputer. Untuk melakukan hal ini, tentunya Anda berpikir harus melakukannya secara manual, dengan mencari file-file yang kembar tersebut. Cara ini tentunya tidak efektif, dan membutuhkan ingatan yang tajam seperti permainan mencari gambar yang sama dalam komputer. Apalagi kalau file-file di dalam komputer Anda ternyata banyak sekali.

Untuk itu, Saya akan membagikan 5 software pencari dan menghapus file kembar terbaik yang gratis untuk Anda download pada Windows 10. Software ini tidak hanya bekerja untuk file gambar saja, tapi untuk file-file lainnya, seperti dokumen (Word), musik, video atau pun file kembar lainnya. Tingkat akurasinya pun sangatlah bagus, dan pasti akan membantu dalam menghapus file-file tersebut.

Apa saja software tersebut ? Silahkan Anda simak selengkapnya di bawah ini:

1. Auslogics Duplicate File Finder

Software pertama ini bernama Auslogics Duplicate File Finder, di mana software ini Saya rekomendasikan karena memiliki tampilan yang lebih sederhana dan simpel. Cara penggunaannya pun pasti sangat mudah untuk Anda yang masih awam,

  • Langkah wal adalah dengan membuka software tersebut lalu memilih jenis atau tipe file yang ingin Anda cari (gambar, musik atau video).
  • Setelah itu, software ini akan mencari file-file tersebut secara otomatis dan menampilklan hasil pencarian yang kembar atau duplikat yang sama persis termasuk ukuran file tersebut.
  • Kalau sudah ditemukan, silahkan Anda seleksi file-file mana saja yang ingin Anda hapus dengan mengklik Delete Selected Files.

2. CCleaner

Alternatif software pencari file kembar yang kedua adalah Ccleaner. Beberapa dari Anda mungkin tidak tahu kalau ternyata software yang satu ini memiliki fitur seperti ini. Karena, biasanya software Ccleaner ini memang hanya digunakan untuk membersihka file-file sampah di komputer, seperti cache dan temporary. Tapi, file-file yang duplikat itu termasuk file sampah loh! Namun, karena fitur tersebut terbilang sedikit tersembunyi di dalamnya, makanya para penggunanya tidak tahu.

  • Silahkan Anda buka software Ccleaner, lalu klik pada menu Tools > Duplicate Finder.
  • Di dalam halaman tersebut, silahkan Anda tentukan kriteria pencarian file kembar tersebut, bisa melalui nama file, ukuran, tanggal edit, atau pun isinya. Anda pun bisa mengkhususkan pencarian pada lokasi folder tertentu saja.
  • Jika sudah, silahkan Anda klik pada tombol Search.
  • Software ini pun akan bekerja secara otomatis mencari file yang sesuai dengan pengaturan yang telah Anda tentukan tersebut.
  • Kalau file-filenya sudah muncul, silahkan Anda klik tanda centang pada file yang ingin Anda hapus, lalu klik pada tombol Delete Selected.

3. dupeGuru

Software yang keempat ini sendiri memiliki tampilan yang mungkin bagi beberapa pengguna kurang menarik. Tapi, walaupun demikian, Anda pasti akan dengan mudah untuk mengerti dan megnetahui cara penggunaannya.

  • Silahkan Anda klik pada menu View > Options untuk menampilkan pengaturan pencarian file yang lebih kompleks.
  • Jangan lupa pula untuk menambahkan lokasi pencarian file, lalu silahkan Anda klik tombol Scan untuk mencari file-file tersebut.
  • Kalau hasil pencarian sudah muncul maka silahkan Anda beri tanda centang pada file yang ingin Anda hapus.
  • Lalu, klik kanan dan pilih Send Marked to Recycle Bin….

Jadi, setiap file yang Anda hapus itu masih akan tersimpan di dalam recycle bin. Sehingga, jika memang suatu saat ingin Anda kembalikan file tersebut bisa dilakukan.

4. Duplicate & Same File Searcher

Software pencari file duplikat yang keempat ini yang menjadi kesukaan Saya. Pasalnya, software ini bersifat portable, sehingga Anda pun tidak perlu menginstall dan bisa menggunakannya kapan pun di komputer manapun. Untuk fitur-fiturnya sendiri pun masih sama dengan software pencari file duplikat yang lainnya.

  • Langkah awal adalah dengan mengklik tombol Search…
  • Setelah itu, silahkan Anda pilih direktori atau folder yang ingin Anda cari file duplikatnya.
  • Anda pun bisa mengatur ekstensi file serta ukuran file tersebut.
  • Jika pengaturan sudah sesuai, silahkan Anda klik tombol Start.
  • Kalau hasil pencarian sudah bermunculan, silahkan Anda berikan tanda centang pada file yang ingin Anda hapus, lalu klik icon X untuk menghapus file yang dipilih.

5. CloneSpy

Untuk software pencari file kembar terakhir yang gratis dan terbaik adalah CloneSpy. Software ini sendiri terbilang cukup lengkap dengan fitur untuk mencari file kembar. Software ini pun memiliki banyak mode untuk memilih file yang ingin Anda cari. Di samping itu pula, ada pengaturan untuk menghapus file secara otomatis jika file duplikat tersebut sudah ditemukan.

Anda pun masih bisa menemukan berbagai pengaturan lainnya pada menu Options. Kalau pengaturan pencarian filenya sudah Anda sesuaikan, silahkan Anda lanjut mengklik Start Scanning.

Jika hasil pencariannya sudah muncul, maka silahkan Anda pilih file yang ingin dihapus dengan memberikan tanda silang pada file tersebut, lalu klik Delete all marked files.

Semoga bisa membantu

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY