Windows merupakan sistem operasi yang memang sering menjadi target atau sasaran dari serangan cyber. Mulai dari hacking hingga penggunaan virus bisa membuat komputer dengan sistem operasi Windows Anda menjadi mudah rusak atau pun file-file penting Anda yang tersimpan di dalamnya menjadi terjangkit virus.

Virus merupakan ancaman terbesar dari penggunaan komputer, khususnya yang masih awam. Perpindahan virus ini tidak hanya melalui flashdisk, tapi juga bisa melalui software yang ada di CD/DVD atau pun yang ada di internet. Software yang bersifat bajakan adalah salah satu wadah untuk menyimpan berbagai hal yang bisa merusak komputer Windows Anda. Apa saja dampak dan bahaya dari penggunaan software bajakan pada komputer Windows Anda? Simak di bawah ini selengkapnya.

1. Dijadikan sebagai sarang virus dan malware

Seperti yang kita ketahui kalau software bajakan itu memang cukup mudah untuk didapatkan, dan pastinya bersifat gratisan. Kalau pun sampai berbayar, harganya pun terbilang cukup murah dari pada harga aslinya. Bukan tidak mungkin barang murah apalagi gratisan seperti itu tidak terdapat hal yang mencurigakan di dalamnya bukan? Nah, maka dari itu, software bajakan inilah yang kerap kali menjadi pembawa virus atau pun malware ke dalam PC atau laptop Anda, khususnya pada bagian file crack dari software tersebut. Kalau sampai virus dan malware ini berjalan pada komputer Anda tersebut, maka data-data dan file Anda bisa saja hilang, apalagi kalau Anda memiliki data perbankan di dalamnya. Bisa bahaya kan?

2. Kinerja PC menjadi berkurang

Bahaya dari penggunaan software bajakan selanjutnya itu adalah bisa membuat kinerja dari PC atau laptop Anda menjadi berkurang dan malah semakin buruk. Bagaimana tidak? Software bajakan itu kan kurang aman. Jadi, hardware pada PC Anda itu bisa saja mengalami penurunan kinerja, dan resiko terburuknya adalah suhunya menjadi semakin panas hingga komputer Anda pun sering restart atau sampai shutdown.

3. Data bisa hilang atau rusak

Mungkin Anda masih teringat dengan kasus penyanderaan file oleh virus yang bernama Ransomware. Nah, virus seperti ini bisa saja disisipkan ke dalam sebuah software bajakan dalalm bentuk crack atau pun file tambahan lainnya. Resiko dari terjangkit virus ini sendiri tentunya sudah Anda ketahui bukan? Jadi, sebaiknya berhati-hati menggunakan software bajakan ya!

4. Tempat perkembangbiakan dari virus

Software bajakan ini disimpan di dalam sebuah flashdisk atau pun CD/DVD yang nantinya akan dibeli oleh para konsumen. Ada juga yang mendownlodnya langsung dari halaman website yang dalam bentuk file RAR, ZIP, atau ISO. Kalau seperti ini, maka penggunaan anti virus pastinya sangatlah diperlukan.

Nah, itulah 4 bahaya dari penggunaan software bajakan untuk perangkat komputer dengan sistem operasi Windows. Saran dari Saya adalah, sebaiknya Anda menggunakan software aslin untuk komputer Windows Anda, serta selalu menggunakan antivirus untuk Anda yang memang masih awam dalam komputer, sehingga sulit untuk mengenali yang mana virus dan bukan.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY