Pada sistem operasi Windows 10 ini, memang masih cukup banyak error yang terkadang ditemukan oleh para penggunanya. Tapi, pihak Microsoft sendiri tentunya sudah menyiapkan wadah untuk para penggunanya dalam melakukan feedback atau laporan mengenai error tersebut, langsung melalui komputernya.

Berbicara mengenai error yang terjadai pada sistem operasi Windows 10 ini, salah satu error yang banyak dialami oleh penggunanya itu adalah error 0x8007007E. Error ini sebenarnya tidak hanya muncul pada sistem operasi Windows 10 saja, tapi ada juga yang mengalaminya pada komputer dengan sistem operasi Windows 8 dan Windows 7.

Munculnya error 0x8007007E ini biasanya terjadi pada saat komputer Anda melakukan tiga hal berikut ini:

  1. Sedang menjalankan update Windows.
  2. Melakukan pengiriman atau menerima pesan (email) di Outlook.
  3. Saat menghubungkan printer dengan komputer.

Kalau Anda memang termasuk pengguna Windows yang mengalami masalah serupa, maka artikel ini tentunya akan bisa menjadi panduan Anda dalam mengatasi masalah tersebut.

Cara memperbaiki error 0x8007007E di Windows 10

Seperti yang telah kami sebutkan di atas, kalau error ini biasanya muncul saat komputer Anda melakukan tiga hal tersebut. Untuk itu, masing-masing dari skenario tersebut tentunya memiliki cara penanganan yang berbeda, yang telah kami uraikan seperti di bawah ini.

Error 0x8007007E saat menjalankan update Windows 10

Masalah pertama ini adalah pada saat melakukan update Windows 10. Di mana update terbaru tersebut tidak bisa disinkronisasi. Biasanya hal ini terjadi pada komputer standalone, dan juga untuk yang versi Enterprise. Di mana Windows Server yang memiliki peranan penting untuk mengelola update dari semua komputer di jaringan Enterprise tersebut.

Microsoft menunjukkan kalau update terbaru tersebut tidak bisa diinstal sebelum melakukan sinkronisasi. Biasanya, error tersebut akan diikukti pesan seperti berikut ini:

“Occurs when update synchronization fails because you do not have hotfix installed before you enable update synchronization. Specifically, the CopyToCache operation fails on clients that have already downloaded the upgrade. Its because the Windows Server Update Services has bad metadata related to the upgrade.”

Untuk memperbaiki masalah tersebut, maka Anda perlu melakukan perbaikan pada Windows Server Update Service. Untuk Anda yang berada pada kantoran atau perusahaan, kalau Anda memiliki servcer WSUS, maka Anda harus mengulangi hal yang sama di setiap server tersebut. Anda pun bisa memilih untuk menjalankannya pada server-server yang mensinkronkan metadata sebelum Anda mulai menginstall perbaikan terbaru tersebut. Anda juga bisa melakukan komunikasi dengan pihak IT perusahaan untuk melakukan pemeriksaan log WSUS dengan menggunakan konsol admin WSUS atau API. Hal ini tentunya bisa membantu mereka dalam mengetahui status dari sinkronisasi metadata tersebut.

Kalau hal ini hanya terjadi pada komputer Anda sendiri, maka Anda bisa mencoba 2 cara berikut:

  • Hapus isi folder software distribution secara manual

Saat melakukan update, Windows mendownload semua file tersebut terlebih dulu, dan memasukkan ke dalam folder software distribution. Cara kerjanya itu hampir seperti game-game Steam atau pun buffer pada layanan video streaming. Lokasi dari folder tersebut terletak pada C:\Windows\SoftwareDistribution\DataStore, kemudian silahkan Anda hapus semua file yang ada di dalamnya secara manual. Anda pun haruslah menghentikan update dari Windows tersebut sebelum mulai menghapus file-file tersebut. Jika sudah selesai, maka silahkan Anda restart Windows Update Service tersebut.

  • Jalankan Windows update troubleshooter

Cara kedua yang bisa Anda lakukan di sini adalah dengan menjalankan Windows Update Troubleshooter. Windows sendiri sudah dilengkapi dengan troubleshooter bawaan dalam menangani setiap error sistem yang ditemukan. Dengan troubleshooter tersebut, maka Anda bisa dengan mudah untuk menyelesaikan masalah yang pada sistem operasi Windows 10 Anda.

Error 0x8007007E di Outlook

Jika error ini dialami oleh Anda para pengguna yang sedang melakukan pengiriman atau menerima email di Outlook, maka ini tentunya akan menghambat pekerjaan Anda. Masalah ini biasanya terjadi karena dua hal, yaitu pengguna baru saja melakukan update Windows 10 dan melakukan update terbaru untuk versi Microsoft  Office yang digunakan.

Kalau memang terjadi pada Anda juga, maka untuk menyelesaikannnya bisa Anda lihat langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Menginstall kembali versi sebelumnya Office Outlook

Silahkan Anda rollback atau menginstall kembali versi Outlook yang sebelumnya. Karena, update memang terkadang membuat konfigurasi sebelumnya dengan sistem operasi menjadi kacau atau rusak.

  • Jalankan Outlook sebagai administrator

Silahkan Anda cari program Outlook tersebut, setelah tekan tombol Shift dan klik kanan, lalu pilih pada opsi Run as administrator.

Error 0x8007007E di printer

Error ini pun terjadi saat pengguna menghubungkan komputernya dengan printer yang dishare atau yang terhubung dengan jaringan. Error ini pun biasanay akan disertai dengan pesan “The specified module could not be found”.

Saat driver universal 32-bit terinstall pada server untuk printer tersebut, maka ini akan membuat entri pada halaman registri. Entri tersebut yang memberikan informasi kepada komputer client kalau komputernya tersebut membutuhkan salinan file dll agar printer tersebut bisa digunakan oleh komputer client.

Akan tetapi, kalau itu komputer client menggunakan sistem 64-bit, maka driver yang terinstall juga haruslah yang versi 64-bit. Nah, kalau server hanya menginstall 32-bit, maka inilah yang menyebabkan munculnya error tersebut. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka Anda bisa menghapus entri berikut di halaman Registry Editor (Regedit), dengan alamat sebagai berikut:

HKLM\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Print\Printers\<printer name>\CopyFiles\BIDI

Akhir kata

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam mengatasi masalah error 0x8007007E yang terjadi pada komputer Anda. Kalau Anda memiliki tambahan atau pertanyaan seputar artikel tersebut, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar di bawah.

Semoga membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY