Google Chrome menyediakan berbagai macam fitur terbaru untuk pengalaman pengguna yang lebih baik dan cepat. Salah satu fitur terbaru pada Google Chrome, yaitu Password Generator. Dengan adanya fitur ini, maka Anda tidak perlu repot-repot mencari password yang kuat, aman, dan unik sendiri. Karena, Password Generator ini akan membuatkan Anda password secara acak yang unik dan pastinya kuat.

Seperti apa password generator di Google Chrome ini? Silahkan Anda ikuti selengkapnya di bawah ini.

Cara Mengaktifkan Password Generator di Chrome

  • Fitur Password Generator di Chrome defaultnya itu belum aktif. Maka dari itu, Anda harus mengaktifkannya terlebih dulu sebelum menggunakannya. Untuk bisa mengaktifkan fitur tersebut, maka Anda harus masuk ke dalam menu Settings di Chrome, dengan cara mengetikkan perintah di bawah ini ke kolom url chrome:

chrome://settings

  • Selanjutnya, Anda lakukan Sign In (login) ke dalam Chrome dengan menggunakan akun Gmail Anda. Kalau nantinya ada popup notifikasi yang muncul, maka pastikan Anda mengklik Link Data agar sinkronisasi ke Google Chrome Anda bisa aktif.
  • Pada tahap selanjutnya, Anda perlu membuka fitur Eksperimental dengan cara membuka tab baru di Chrome, lalu ketikkan lagi perintah di bawah ini pada kolom url:

chrome://flags

  • Selanjutnya, Anda tinggal mengetikkan password pada kolom pencarian yang disediakan, lalu pada hasil pencarian tersebut akan muncul menu Password Generation, Anda ubah posisinya itu menjadi Enabled.

  • Setelah itu, Anda pun nantinya akan melihat adanya pop up yang muncul, lanjut saja dengan mengklik RELAUNCH NOW.

Ketika Chrome Anda sudah direstart, maka fitur Password Generator ini pun nantinya kaan langsung aktif. Dan, sudah bisa Anda manfatakan kalau nantinya ingin membuat password yang unik dan juga kuat.

Cara menggunakan password generator di chrome

  • Saat fitur password generator ini sudah aktif, Anda pun bisa langsung menggunakannya saat ingin mengisi kolom password. Karena, browser Google Chrome Anda pun akan langsung mendeteksi adanya kolom password tersebut. Salah satu contohnya itu saat Anda ingin mendaftar pada salah satu website sebagai member, maka Anda diminta untuk memasukkan password yang akan digunakan untuk login. Nah, saat itulah fitur Password Generator ini akan muncul untuk membuatkan Anda password yang unik dan aman.

  • Di tahap ini Anda akan melihat adanya notifikasi yang berisikan detail dari password yang sudah digenerate tersebut. Anda bisa langsung mencatat password tersebut. Namun, Google pun akan tetap menyimpan password tersebut untuk Anda pada fiturnya yang bernama Google Smart Lock. Saat Anda ingin login ke situs tersebut, maka Google Chrome pun akan secara otomatis mengisikan password Anda untuk bisa login.

  • Untuk mempermudah Anda melihat kembali password yang suah digenerate, silahkan Anda buka url:

chrome://settings/passwords

Penutup

Itulah cara menggunakan fitur password generator di Chrome, yang tentunya akan sangat membantu Anda membuat password yang unik dan rumit, sehingga sulit untuk dibobol oleh hacker.

Selamat mencoba!

Loading...

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY