Saat Anda memasang hardware baru, baik itu berupa flashdisk atau pun hardisk eksternal, tapi Anda mendapatkan pesan Windows encountered a problem installing the Driver software for your Device, itu berarti sistem operasi Windows 10 yang Anda gunakan itu tidak berhasil melakukan update atau instalasi driver t ersebut. Biasanya, pesan ini pun akan disertai dengan pesan tambahan yang bertuliskan, Windows found driver software for your device but encountered an error while attempting to install it.

Header atau judul pesan error yang biasa muncul di layar diikuti pesan panjang tersebut, bisa berupa:

  • Akses ditolak (Access is denied)
  • This device cannot start (Code 10).

Bagi Anda yang mendapatkan masalah serupa, maka untuk solusinya akan kami jelaskan di bawah ini.

Cara mengatasi masalah gagal instal driver di Windows 10

Untuk mengatasi masalah seperti ini, tentunya hanya ada satu jalan keluar, yaitu dengan mendownload driver terbaru atau melakukan update driver secara online. Anda juga bisa melakukan uninstall driver terlebih dulu sebelum menginstall driver terbaru tersebut.

Untuk langkah-langkah lengkapnya sendiri, silahkan Anda ikuti di bawah ini:

  • Silahkan Anda buka Device Manager terlebih dulu dengan menekan tombol Win + X. Setelah muncul beberapa daftar menu, maka Anda bisa langsung memilih Device Manager dari daftar tersebut.
  • Setelah halaman Device Manager terbuka, silahkan Anda cari driver yang tidak bisa terinstall tersebut.
  • Klik kanan pada driver itu dan pilih opsi Update Driver, tampilannya itu kira-kira akan seperti berikut ini:

  • Pilih pada opsi Browse my computer for driver software. Kemudian, Anda tinggal klik tombol Browse dan pilih alamat lokasi dari tempat Anda menyimpan file driver tersebut. Jadi, pastikan Anda sudah memiliki file driver tersebut di komputer Anda. Kalau belum ada, maka silahkan Anda download dulu dari halaman vendor perangkatnya langsung.

  • Klik pada tombol Next untuk memulai proses pencarian file driver pada folder dan proses instalasi pun akan berjalan secara otomatis.

Langkah-langkah di atas seharusnya sudah bisa mengatasi maslaah driver yang tidak terinstall tersebut. Tapi, kalau belum bisa, maka Anda bisa lanjut dengan langkah berikut ini:

  • Kalau ternyata Anda belum memiliki file driver tersebut, maka silahkan Anda menuju ke halaman berikut ini:

C:\Windows\WinSxS

  • Halaman folder tersebut biasanya digunakan untuk menyimpanan salinan file .dll, .exe, dan file sistem penting lainnya.
  • Sistem operasi Windows pun nantinya akan mulai mencari driver pada folder WinSxS dan langsung melakukan penginstalan.

Akhir kata

Itulah beberapa langkah yang bisa Anda coba lakukan kalau komputer Anda tidak bisa menginstall driver di Windows 10. Kalau memang langkah-langkah di atas belum bisa berhasil, maka coba lakukan Hardware troubleshooter atau USB Troubleshooter.

Selamat mencoba.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY