Kalau kita berbicara mengenai dunia perangkat PC gaming, pasti nama nVidia menjadi salah satu pilihan teratas. Pasalnya, produsen ini sendiri memang bisa menghadirkan berbagai perangkat gaming, khususnya untuk VGA terbaik. Kalau Anda menggunakan perangkat atau VGA dari nVidia, maka Anda tentunya akan mendapatkan software berupa nVidia Control Panel. Software nVidia Control Panel ini berfungsi sebagai pusat kontrol untuk VGA card nVidia Anda. Software ini sendiri biasanya sudah lengkap dalam satu paket bawaan driver VGA Card nVidia.

Mengatasi masalah Access Denied pada nVidia Control Panel

Beberapa pengguna sempat mengeluhkan adanya masalah pada nVidia Control Panel tersebut. Di mana saat pengguna ingin melakukan pengaturan atau konfigurasi kostum pada nVidia Control Panel, tapi ternyata pengaturan tersebut tidak dapat diterapkan dengan menampilkan pesan Access Denied seperti pada gambar di atas.

Kalau Anda termasuk salah satu pengguna perangkat nVidia, dan mengalami masalah serupa, maka Anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini untuk mengatasinya.

1. Jalankan file nvcplui.exe sebagai Administrator

  • Silahkan Anda buka Windows Explorer, lalu buka folder berikut ini:

C:\Program Files\NVIDIA Corportation\Control Panel Client

  • Di dalam folder tersebut, silahkan Anda klik kanan pada file yang bernama nvcplui.exe, lalu pilih opsi Run as administrator.
  • Saat muncul notifikasi, maka silahkan Anda klik saja tombol Yes untuk melanjutkan prosesnya.

Setelah itu, silahkan Anda buka kembali nVidia Control Panel, lakukan pengaturan kembali. Kemudian, cek apakah cara tersebut berhasil atau tidak.

2. Mengembalikan versi folder sebelumnya

Untuk cara kedua ini termasuk metode yang cukup rumit, jadi pastikan Anda mengikuti langkah-langkah di bawah ini dengan tepat:

  • Buka Windows Explorer.
  • Selanjutnya, silahkan Anda menuju ke folder C:\ProgramData\NVIDIA\DRS.
  • Klik kanan pada folder DRS tersebut, lalu pilih pada opsi Properties.
  • Silahkan Anda pilih pada salah satu opsi jika tersedia, yaitu Previous Versions, System Protection atau System Restore pada halaman properties tersebut, untuk mengembalikan versi dari isi folder tersebut.

3. Update atau Rollback driver

Biasanya, untuk melakukan update driver VGA, Anda perlu melakukan uninstall pada driver VGA tersebut. Tapi, kini nVidia sudah memberikan software yang memungkinkan Anda untuk melakukan update driver dengan lebih mudah dan cepat. Anda bisa mendownload nVidia GeForce Experience untuk melakukan update driver dengan lebih mudah dan cepat.

GeForce Experience ini juga akan memberikan notifikasi secara rutin jika tersedia update terbaru dari driver VGA yang Anda gunakan saat ini. Jadi, VGA Anda pasti akan selalu menggunakan update terbarunya.

Tapi, kalau masalah ini terjadi setelah Anda melakukan update, maka silahkan Anda melakukan rollback driver atau mengembalikan versi driver sebelumnya. Untuk cara-caranya, Anda bisa membaca artikel sebelumnya yang berjudul, cara rollback driver VGA.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi masalah Access Denied nVidia Control Panel. Kalau Anda memiliki cara lain atau pertanyaan seputar artkel di atas, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang ada di bawah.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY