Baru-baru ini banyak pengguna yang melaporkan mengenai browser Chrome, di mana saat mereka membuka browser tersebut, maka akan membuka tab baru secara otomatis. Penyebab dari masalah ini memang tidak dapat diketahui dengan spesifik kalau tidak dilakukan pengecekan langsung. Tapi, beberapa pengguna telah melaporkan kalau masalah ini umumnya disebabkan oleh adware, instalasi yang tidak lengkap, software yang berjalan di background, pemasangan ekstensi, dan lainnya.

Cara memperbaiki Chrome yang membuka tab baru secara otomatis

Untuk Anda yang memang mengalami masalah serupa, silahkan Anda ikuti beberapa cara dari kami di bawah ini untuk bisa memperbaikinya:

1. Hapus ekstensi Browser yang konflik

Salah satu penyebab yang paling banyak ditemukan disini adalah ekstensi yang tidak kompatibel atau saling bertentangan (konflik). Ekstensi memang fitur yang bisa mempermudah para pengguna melakukan browsing dan membuka halaman website di internet. Tapi, ada kalanya ekstensi ini tidak saling support, sehingga mengalami konflik satu sama lain. Untuk itu, coba Anda hapus ekstensi yang baru saja Anda install sesaat sebelum terjadi masalah seperti ini.

2. Nonaktifkan Chrome yang berjalan di background

Langkah pertama yang perlu untuk Anda lakukan di sini adalah dengan membuka browser Chrome Anda. Setelah itu, silahkan Anda klik tombol menu di sudut kanan atas, dan pilih opsi Settings. Scroll ke bawah, sampai Anda menemukan opsi yang bernama Advanced.

Pada bagian tab System, silahkan Anda geser Switch yang ada di sebalah kanan untu opsi Continue running background apps when Google Chrome is closed. Jika sudah, silahkan Anda tutup browser Chrome Anda dan coba cek apakah masalah ini sudah terselesaikan.

3. Jalankan scanning malware

Penyebab yang banyak ditemukan pada masalah ini juga adalah adware atau malware. Untuk itu, Anda sebaiknya melakukan scan menggunakan antivirus yang terbaik untuk mengatasi penyebab masalah satu ini.

4. Reset pengaturan atau install ulang Chrome

Silahkan Anda tekan membuka menu RUN dengan menekan tombol Win + R, lalu ketikkan perintah berikut:

%USERPROFILE%\AppData\Local\Google\Chrome\User Data

Selanjutnya, silahkan Anda pilih folder Default dan tekan tombol Shift + Delete untuk menghapus folder tersebut. Jika sudah terhapus, silahkan Anda buka Chrome kembali dan klik tombol menu, lalu pilih Settings > Advance. Di halaman ini, silahkan Anda scroll ke bawah dan pilih pada opsi Restore Settings.

Setelah muncul pop up klik pada tombol Reset.

5. Mengonfigurasi pengaturan pencarian Chrome

Buka Chrome Anda, lalu ketikkan pencarian apa saja pada kolom Google tersebut, lalu tekan tombol Enter.

Ini akan memberikan hasil pencarian sesuai kata kunci.

Pada sudut kanan atas, silahkan Anda cari tombol Settings > Search Setting di bagian bawah kolom pencarian.

Pada halaman yang baru terbuka tersebut, silahkan Anda hilangkan tanda centang pada opsi Open New Window for each result,kalau tercentang.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY