OneDrive yang disematkan oleh Microsoft pada sistem operasi Windows 10 merupakan inovasi yang memang membantu. OneDrive merupakan salah satu layanan penyimpanan cloud terbaik saat ini. Jadi, Anda pun bisa menyimpan file-file Anda di internet dengan aman, dan bisa juga mengaksesnya melalui komputer lain.

Hanya saja, beberapa pengguna mengeluhkan adanya masalah pada folder OneDrive di Windows 10. Di mana folder OneDrive tersebut menggandakan diri (Duplikat). Setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata ini merupakan suatu bug.

Mengatasi munculnya folder OneDrive yang duplikat

Bagi Anda yang memang mengalami masalah serupa, maka berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Akan tetapi, sebelum Anda mulai melakukan cara-cara berikut, pastikan semua data di dalam OneDrive tersebut sudah Anda amankan (backup).

1. Reset OneDrive

Untuk melakukan reset pada aplikasi OneDrive, maka silahkan Anda tekan tombol Win + R untuk membuka jendela RUN. Setelah itu, silahkan Anda paste alamat berikut ke kolom RUN tersebut:

%localappdata%\Microsoft\OneDrive\onedrive.exe /reset

2. Hubungkan kembali akun OneDrive

Silahkan Anda klik kanan pada ikon OneDrive pada system tray, lalu pilih opsi Settings. Ini akan membuka jendela mini baru, lalu Anda klik pada tab Account.

Langkah berikutnya adalah dengan memilih opsi yang bertuliskan Unlink this PC. Lalu akan muncul pop up untuk mengkonfirmasi opsi Unlink yang Anda pilih tersebut. Silakan Anda lanjut dengan mengklik tombol Unlink account. Jika sudah, silahkan Anda buka kembali OneDrive lalu hubungkan kembali akun Anda.

3. Perbaikan meelalui Registry Editor (Regedit)

Klik pada ikon Windows di sudut kiri, lalu ketikkan regedit. Setelah muncul aplikasi Regedit.exe, silahkan Anda klik kanan dan pilih opsi Open as Administrator. Saat halaman regedit sudah terbuka, silahkan Anda menuju ke halaman berikut:

Computer\HKEY_CURRENT_USER\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Desktop\NameSpace

Langkah berikutnya adalah dengan mencari folder yang bernama OneDrive, kemudian hapus DWORD atau folder data OneDrive tersebut. Sebagai alternatif, Anda juga bisa mengcopy nama folder yang berisi folder OneDrive. Kemudian, silahkan Anda lanjut membuka alamat

Computer\HKEY_CLASSES_ROOT\CLSID

Cari nama yang baru saja Anda copy tersebut. Di dalam folder tersebut nantinya akan nama DWORD System.IsPinnedToNameSpaceTree, lalu Anda ubah Value datanya menjadi 0. Jika sudah, pastikan untuk restart komptuer Anda agar bisa menerapkan pengaturan tersebut.

4. Login ke akun lokal lalu kembali lagi ke akun Microsoft

Silahkan Anda tekan tombol Win + i pada keyboard, lalu klik menu Settings Windows 10. Selanjutnya, silahkan Anda arahkan ke menu berikut, Accounts > Your info. Scroll ke bawah untuk memilih opsi Sign in with a local account instead.

Langkah berikutnya, Anda tinggal mengikuti petunjuk yang muncul, kemudian silahkan login ke akun lokal yang Anda miliki. Jika sudah login ke akun lokal, silahkan Anda kembali login lagi ke akun Microsoft, seperti langkah-langkah di atas.

Pastikan untuk restart komputer Anda jika sudah selesai.

Semoga membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY