Melakukan upgrade dari Windows 7 atau Windows 8 ke Windows 10 tentunya merupakan salah satu perubahan besar pada komputer Anda. Akan tetapi, Anda akan merasakan pengalaman terbaru dalam menggunakan sistem operasi Windows. Di mana kemudahan dalam interface seperti pada Windows 7 digabungkan dengan tampilan yang modern dari Windows 8/8.1.

Namun, beberapa pengguna ternyata mengalami masalah saat melakukan upgrade tersebut. Masalah tersebut memunculkan kode error 0xc7700112. Kalau Anda termasuk pengguna Windows yang mengalami masalah serupa, maka Anda bisa mengikuti beberapa langkan sederhana untuk mengatasinya di bawah ini.

Mengatasi error 0xc7700112 saat upgrade ke Windows 10

Saat proses upgrade ini mengalami error, maka Anda bisa mengecek file lognya di C:\Windows10Upgrade\upgrader_default.log. Pada file log tersebut, terdapat informasi yang bertuliskan Error Setup Platform Initialize failed with result 0xc7700112. Error ini sendiri menunjukkan kalau pengaturan tersebut tidak bisa dilanjutkan karena adanya jejak atau upaya dalam pemasangan pengaturan pada file data konfigurasi boot. Maka dari itu, Anda sebaiknya menghapus entri pengaturan Windows dari BCD Store.

Untuk mengetahui seperti apa cara menghapus entri pengaturan Windows tersebut tersebut, maka Anda bisa mengikuti caranya di bawah ini.

Cara menghapus entri pengaturan Windows dari BCD Store

  • Langkah pertama yang perlu untuk Anda lakukan di sini adalah dengan menekan tombol Win + X. Setelah muncul beberapa menu, maka Anda cukup memilih menu Command Prompt (Admin). Saat muncul konfirmasi User Account Control (UAC), maka silahkan Anda klik tombol Yes saja.
  • Saat halaman Command Prompt (CMD) tersebut sudah terbuka, maka silahkan Anda ketikkan perintah bcedit /enum all, lalu tekan tombol Enter untuk mengeksekusi perintah tersebut.

  • Untuk bisa mendapatkan smeua data tersebut ke file txt, maka Anda bisa menggunkan perintah berikut ini bcdedit /delete > <PATH>. Contoh dari penggunaan perintah tersebut adalah bcdedit / enum all> D: \ bcdConfig.txt. Jadi, file tersebut nantinya akan tersimpan pada partisi D di drive komputer Anda.
  • Selanjutnya, silahkan Anda catat kode Indentifier pada bagian Device Options. Ini adalah file dari sisa penginstalan sebelumnya, yang memblokir jalannya upgrade Windows 10 Anda.
  • Setelah kode Identifier tersebut sudah Anda catat atau copy, maka silahkan Anda ketikkan perintah berikut bcdedit /delete {The name of the appropriate identifier} di CMD. Sebagai contoh, bcdedit / delete {asd951bf-b7b8-4885-951a-fa03044f5d71}, lalu akhiri dengan menekan tombol Enter.
  • Lakukan cara ini untuk setiap kode Identifier yang sesuai.
  • Kalau semua langkah di atas sudah selesai Anda lakukan, maka silahkan Anda restart komputer Anda buka lagi CMD.
  • Sekarang, masukkan perintah bcedit /enum all untuk melakukan pengecekan apakah masih ada file yang tersisa.
  • Terakhir, silahkan Anda langsung melakukan kembali proses upgrade ke Windows 10.

Kalau proses upgrade online ini memang masih gagal, maka sebaiknya Anda menggunakan proses instalasi secara offline dengan booting melalui USB drive menggunakan file image (ISO).

Akhir kata

Kalau Anda memiliki tambahan atau pertanyaan seputar artikel di atas, maka silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang telah kami sediakan di bawah.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY