Pada Windows 10 telah dilengkapi dengan sistem yang cukup kompleks. Di mana sistem tersebut bisa membantu dalam mempermudah pengguna dalam melakukan perbaikan jika terjadi masalah pada sistem yang error. Salah satunya itu adalah saat Windows 10 tidak bisa masuk ke halaman desktop, dan Windows 10 pun nantinya akan memunculkan opsi Automatic Repair.

Tapi, kalau opsi automatic repair tersebut tidak bekerja atau gagal, maka masih ada opsi kedua yaitu Refresh Your PC, yang akan mengembalikan komputer Anda seperti saat baru install ulang. Opsi Refresh Your PC ini bisa Anda akses melalui Advance Options > Troubleshoot > Reset or Refresh. Namun, opsi ini biasanya sangat jarang digunakan, kecuali kalau sistem sudah mengalami kerusakan berat.

Memperbaikai Windows 10 melalui CMD Advance Options yang gagal booting

Pada opsi Reset Your PC dan Reset Your PC ini sendiri kadang tidak bekerja dengan baik, yang kemungkinan disebabkan oleh kesalahan atau error dari registry Windows 10 Anda. Kalau hal ini memang tidak berfungsi, maka Anda bisa menggunakan opsi Command Prompt (CMD). Dengan menggunakan CMD, maka Anda bisa memasukkan beberapa perintah sederhana untuk mengembalikan fungsi sistem Windows 10 Anda seperti sedia kala. Langkah-langkahnya bisa Anda simak di bawah ini secara lengkap:

  • Saat komputer Anda sudah menampilkan opsi seperti pada gambar di bawah ini:

  • Maka silahkan Anda lanjut dengan memilih opsi Troubleshoot> Opsi lanjutan.

  • Di dalam Advance Optiosn tersebut, silahkan Anda pilih Command Prompt.

  • Setelah halaman CMD terbuka, silahkan Anda lanjut dengan masuk ke dalam folder \Windows\System32\config, dengan perintah dasar CMD, cd %windir%\system32\config dan tekan Enter.

  • Di dalam folder tersebut, silahkan Anda ganti nama dua buah key registri yaitu, system dan software. Caranya itu adalah dengan menggunakan perintah ren system system.001, lalu tekan tombol Enter. Kemudian ketikkan lagi perintah ren software software.001, dan tekan kembali tombol Enter untuk mengeksekusi perintah tersebut.
  • Jika Anda menjalankan perintah rename Software tersebut, maka opsi untuk Reset PC akan terbuka.
  • Setelah itu, silahkan Anda ketik Exit dan tekan tombol Enter untuk keluar dari halaman Command Prompt.
  • Restart komputer Anda dan biarkan dengan sendirinya masuk ke dalam mode Automatic Repair.
  • Silahkan Anda pilih Advanced options > Troubleshoot > “Reset your PC”.

Sampai pada tahapan ini, biarkan Windows 10 Anda melakukan proses reset tersebut hingga selesai dengan sendirinya. Setelah itu, Anda pun bisa kembali menggunakan Windows 10 dengan lancar.

Akhir kata

Seperti itulah cara untuk mengembalikan opsi Reset Your PC pada Advance Options Windows 10 yang tidak bekerja. Kalau Anda memiliki cara lain atau pertanyaan seputar artikel di atas, maka silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang telah kami siapkan di bawah.

Semoga membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY