Beberapa dari pengguna Windows 10 pernah mengeluhkan masalah pada task manager yang tidak menampilkan satu pun proses. Padahal, pada komputernya ini terbuka beberapa program sekaligus. Masalah ini biasanya terjadi, jika ada file yang hilang atau sedang terinfeksi malware.

Memperbaiki Task Manager Windows 10 yang kosong

Kalau Anda termasuk pengguna Windows 10 yang mengalami masalah tersebut, maka beberapa cara di bawah ini mungkin bisa membantu dalam memperbaikinya.

  1. Coba untuk melakukan restart PC

Adanya masalah pada komputer, biasanya langkah paling pertama yang akan dilakukan adalah dengan melakukan restart. Cara ini bisa membantu untuk menyegarkan file-file Windows dan juga hardware komputer Anda.

  1. Pastikan Anda memilih tab yang tepat

Human error memang terkadang terjadi pada setiap pengguna. Masalah ini mungkin hanya karena kesalahan dalam memilih tab pada task manager tersebut. Maka dari itu, pastikan kalau Anda sudah memilih tab yang tepat untuk dilihat.

  1. Scan komputer dengan antivirus

Masalah ini pun kerap kali dikaitkan dengan virus atau malware yang menjangkiti komputer. Hal ini memang benar adanya. Rata-rata komputer Windows 10 yang mengalami masalah ini memang disebabkan oleh adanya virus atau malware, yang menginfeksi sitem operasi. Di mana hal ini bisa saja mempengaruhi fungsi dari task manager, sehingga tidak bisa digunakan. Maka dari itu, Anda perlu menginstall dan melakukan scan dengan menggunakan antivirus pada komputer Anda. Lakukanlah proses scanning ini untuk semua drive yang ada pada komputer Anda secara menyeluruh. Untuk lebih baiknya, Anda bisa melakukan scan virus tersebut pada halaman safe mode.

  1. Jalankan scan System File Checker (SFC)

SFC merupakan tools bawaan dari Windows yang bisa membantu dalam memperbaiki file yang hilang atau rusak. Pada beberapa artikel sebelumnya, Saya sudah membahas tentang cara pengguna scan SFC di Windows 10 ini. Jadi, silahkan Anda buka artikel-artikel terkait tips Windows lainnya.

  1. Lakukan clean boot sebelum troubleshoot

Proses clean boot pada Windows akan meminimalkan penggunaan resource serta aplikasi yang berjalan saat pertama kali Windows booting. Di mana pada proses clean booting ini sendiri hanya akan menyisakan service atau aplikasi yang berkaitan dengan driver hardware komputer Anda saja. Sehingga, akan sangat memungkinkan untuk melakukan perbaikan (troubleshoot) dalam mode clean boot ini.

Pada mode clean boot ini, silahkan Anda periksa dulu task manager tersebut, apakah masih mengalami masalah serupa. Kalau tidak, maka masalah ini ada kaitannya dengan aplikasi yang berjalan pada komputer Anda saat booting.

Akhir kata

Semoga dari beberapa cara di atas, Anda bisa mendapatkan bantuan untuk menyelesaikan permasalahan dari task manager yang tidak menampilkan proses atau service sama sekali.

Selamat mencoba.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY