Salah satu hal yang banyak dilakukan pada saat menggunakan komputer adalah memutar menonton video atau memutar film. Untuk menjalankan video atau film pada komputer Windows, tentunya Anda membutuhkan program atau aplikasi pemutar video. Salah satu program yang banyak digunakan dan juga merupakan bawaan dari sistem operasi Windows, yaitu Windows Media Player (WMP). Di samping itu pula, terdapat pemutar video lainnya seperi Media Player Classic (MPC).

Kedua program pemutar video atau film ini memang yang terbaik, karena terbilang cukup ringan dan bisa mendukung banyak ekstensi file video. Namun, terkadang program-program tersebut bisa saja mengalami error saat menjalankan file video atau film.

Salah satu error yang banyak dikeluhkan oleh pengguna adalah error 0x10100be, yang biasanya akan disertai dengan pesan, “Can’t play – This file isn’t playable, That might be because the file type is unsupported, the file extension is incorrect or the fle is corrupt, 0x10100be.

Kalau Anda termasuk sebagai salah satu yang mengalami masalah serupa pada komputer Windows Anda, maka Anda bisa mengikuti cara perbaikannya di bawah ini.

Memperbaiki error 0x10100be saat memutar file video/film

Munculnya pesan error yang demikian tidak ada hubungannya dengan hardware komputer Anda, atau instalasi Windows pada khususnya. Karena, masalah ini biasanya muncul kalau file yang ingin Anda putar tersebut mengalami kerusakan (Corrupt). Ada banyak hal yang bisa membuat file tersebut mengalami corrupt, mungkin karena hasil download yang tidak lengkap, proses copy file yang belum selesai, terinfeksi virus, atau pun lainnya.

Tapi, kalau menurut Anda file tersebut sudah lengkap, tidak ada corrupt, maka kemungkinan masalahnya ada pada ekstensi (format) file. Atau formatnya mungkin sudah benar, tetapi codec yang digunakan untuk mengompres file ini tidak didukung.

Program pemutar video seperti Windows Media Player memang hanya mendukung sejumlah format dan codec terbatas saja. Anda bisa mengecek beberapa format yang mendukung untuk file Film dan aplikasi TV melalui link ini. Dan, untuk format file lainnya di Windows Media Player bisa Anda lihat melalui link ini.

Kalau file yang ingin Anda jalankan menggunakan Windows Media Player tidak ada di dalam daftar tersebut, maka kami menyarankan untuk Anda melakukan convert (konversi) file. Anda bisa menggunakan software converter video yang banyak disediakan secara gratis.

Opsi lain yang bisa Anda lakukan di sini adalah dengan menginstall codec dari pihak ketiga untuk menjalankan file tersebut. File-file codec ini pun banyak tersedia secara gratis untuk Anda download, sehingga Anda bisa menjalankan file video atau film tersebut di komputer Windows Anda.

Akhir kata

Nah, itulah beberapa opsi atau cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah error 0x10100be saat ingin memainkan film atau video pada komputer Windows. Kalau Anda memiliki tambahan atau pertanyaan seputar artikel di atas, jangan ragu untuk menuliskannya pada kolom komentar yang telah disediakan di bawah.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY