Microsoft Office Word merupakan salah satu software yang tentunya sudah sangat dikenal untuk para pengguna komputer, khususnya untuk pekerja kantoran. Pasalnya, software ini sendiri memang sangat membantu dalam urusan pekerjaan dan pembuatan dokumen-dokumen penting perkantoran. Di samping itu pula, para pelajar atau mahasiswa tentu tidak perlu repot-repot lagi dalam mengedit setiap tugas atau skripsinya. Karena file-file tersebut bisa dengan mudah untuk diakses kapan pun dan dimanapun.

Berkembangnya dunia teknologi saat ini, software Microsoft Office ini pun tidak hanya digunakan untuk perangkat komputer desktop seperti PC atau laptop saja. Tapi, kini Microsoft Office sudah bisa digunakan juga untuk perangkat smartphone.

Hal-hal dasar yang penting untuk diketahui di Microsoft Word

Di dalam Microsoft Office ini terdapat beberapa software lain, seperti Excel, Power Point, dan lainnya. Tapi, pada pembahasan kali ini, Saya akan lebih fokus kepada Microsoft Office Word. Pasalnya, untuk Anda para pekerja, ini termasuk sebagai salah satu software yang perlu untuk Anda ketahui saat ini.

Untuk itu, di bawah ini ada beberapa hal yang perlu untuk Anda ketahui mengenai hal-hal dasar dari Microsoft Word tersebut, yang nantinya bisa Anda kembangkan saat sudah di dunia kerja.

1. Pakai ukuran satuan Centimeter

Pada Microsoft Office ini dilengkapi dengan fitur ukuran panjang dari sebuah dokumen yang ingin dibuat. Hal ini tentunya bertujuan, agar para pengguna lebih mudah dalam menentukan ukuran kertas yang akan diprint. Satuan ukuran yang umum digunakan itu adalah Centimeter (Cm). Untuk itu, Anda sebaiknya mengecek pengaturan pada Microsoft Office Anda untuk satuan ukuran tersebut.

  • Silahkan Anda klik pada tab File > Options > Advanced.
  • Kemudian, menuju ke menu Display dan pilih Centimeter pada opsi yang bertuliskan Show measurements in units of:.
  • Setelah itu, silahkan Anda klik tombol OK.

2. Mengatur jarak pada halaman dokumen

Untuk jarak pada halaman dokumen dikenal juga dengan istilah Margin. Pengaturan halaman seperti ini perlu untuk dilakukan di awal sebelum membuat dokumen.

Kalau Anda memang masing bingung mengenai margin, maka Anda bisa melihat gambar di atas. Pengaturan margin pada halaman itu dibagi menjadi 4 sisi, yaitu atas, bawah, kanan, dan kiri. Secara default, ukuran margin ini adalah 2,54cm dari masing-masing ujung halaman.

Kalau Anda ingin mengubah ukuran margin tersebut, maka silahkan Anda klik tab Layout, dan klik icon kecil yang ada disamping tulisan Page Setup. Nah, pada bagian margin ini, silahkan Anda tentukan mana bagian yang ingin Anda ubah ukurannya. Di dalam Page Setup ini, Anda pun bisa mengubah tampilan dari dokumen kerja, bisa dengan Portrait (Memanjang vertikal) atau Landscape (Memanjang horizontal). Jika sudah, silahkan Anda klik tombol OK.

Selain dari pengaturan margin tersebut, Anda pun bisa mengatur jenis kertas yang akan digunakan. Hampir semua ukuran kertas sudah tersedia di dalam Microsoft Office Word. Jadi, Anda tinggal memilih sesuai tipe atau jenis kertas yang akan Anda gunakan nantinya. Untuk mengubahnya, silahkan Anda klik pada tab Paper. Lalu pilih jenis kertasnya pada opsi yang berlabel Paper Size.

3. Mengelola paragraf

Paragraf merupakan kumpulan kalimat yang berada dalam satu blok. Paragraf ini dibuat untuk memberikan jeda pada dokumen. Sehingga, dokumen terlihat lebih nyaman dan rapih saat dibaca. Untuk baris pertama dari dokumen yang Anda buat itu sudah bisa dikatakan sebagai paragraf pertama. Dan, untuk membuat paragraf baru di Microsoft Office Word ini, maka Anda cukup menekan tombol Enter pada keyboard.

Secara default jarak antara paragraf pertama dan kedua itu cukup jauh. Untuk mengubah jaraknya agar tidak terlalu jauh, maka Anda klik dulu paragraf tersebut, lalu Anda klik tab Home yang ada di atas. Di bagian bawah tab Home tersebut, nantinya akan bermunculan berbagai menu. Silahkan Anda cari menu Paragraf dan klik ikon tanda panah kecil di sudut kiri bawah.

Selanjutnya, silahkan Anda pilih Alignment untuk mengatur kerapatan arah tulisan (Rata kiri kanan). Nah, di sini juga Anda bisa mengubah bagian baris pertama, di mana biasanya setiap awal paragraf pada dokumen baris pertama itu akan sedikit masuk. Pengaturan di Microsoft Word ini dinamakan dengan Indentation, lalu masukkan ukurannya dalam satuan centimeter.

Di sini juga terdapat Spacing, yang berfungsi untuk mengatur jarak antara paragraf sebelum dan setelah. Silahkan Anda atur sesuai dengan keinginan Anda.

4. Penggunaan Page Break

Beberapa dari Anda mungkin lebih memilih menggunakan tombol Enter, hingga halaman baru tersebut muncul. Padahal cara seperti ini salah loh! Kenapa salah? Karena, saat Anda ingin mengatur paragraf yang selanjutnya tersebut nantinya akan sulit. Apalagi kalau ternyata di bawahnya sudah ada halaman lain, yang memang sudah disesuaikan.

Untuk itulah Page Break ini sangat penting untuk Anda gunakan, saat dokumen yang Anda buat tersebut perlu disisipkan halaman baru di antara halaman lain yang telah Anda buat. Page Break merupakan fitur untuk untuk membuat halaman baru pada Microsoft Word. Penggunaan Page Break ini hanya dengan mengetikkan perintah =rand(), lalu tekan tombol Enter.

Selain dengan menggunakan perintah di atas, Anda juga bisa membuat halaman baru dengan mengklik tab Insert > Pages > Page Break.

5. Header, Footer dan Page Number

Saat membuat dokumen atau pun surat, biasanya kita perlu menambahkan nama instansi perusahaan dan informasi lainnya. Pembuatan informasi seperti ini biasanya ada pada bagian header di setiap dokumen atau footer. Tapi, kalau bagian informasi tersebut sudah ada pada bagian header, maka Anda bisa membuat Page Number (nomor halaman) pada bagian footer.

  • Langkah pertama untuk membuat Header atau Footer adalah dengan mengklik tab Insert dan pilih Header atau Footer.
  • Setelah itu, silahkan Anda pilih template yang telah disediakan, yang nantinya bisa Anda.
  • Pada tab Insert tersebut, Anda juga akan melihat Page Number, untuk menambahkan nomor pada setiap halaman, yang nantinya akan dibuat secara otomatis saat Anda menambahkan halaman baru.

6. Menambahkan gambar, tabel dan list

Saat membuat dokumen kerja atau tugas, biasanya kita juga perlu menambahkan gambar, tabel dan list. Hal ini untuk membuat dokumen yang Anda buat menjadi lebih menarik dan juga data yang diberikan akan terlihat lebih lengkap. Yang membaca pun pasti tidak akan bosan hanya melihat sususan tulisan dan paragraf saja dari setiap halaman.

  •  Cara menambahkan gambar ke Microsoft Word

Menambahkan gambar ke dalam Microsoft Word sangatlah mudah. Anda cukup menarik gambar dari komputer Anda ke dalam dokumen. Atau Anda bisa klik pada tab Insert > Picture, lalu cari lokasi gambar di komputer Anda.

  • Cara menambahkan tabel ke Microsoft Word

Membuat tabel pun sangatlah mudah. Anda cukup klik lagi tab Insert > Tabel. Setelah itu, silahkan Anda pilih ukuran, mulai dari jumlah kolom dan baris dari tabel yang ingin Anda buat. Kalau jumlah tabelnya memang cukup besar, maka Anda tinggal klik Insert Tableā€¦

  • Cara membuat list

Untuk membuat list sendiri sangatlah mudah. Anda cukup mengklik huruf awal dari baris yang ingin Anda jadikan list (daftar). Setelah itu, silahkan nda klik pada tab Home, lalu pada bagian Pragraph, Anda bisa melihat ikon Bullets, Numbering dan Multilevel List. Silahkan Anda pilih sesuai keinginan Anda.

Akhir kata

Itulah beberapa hal dasar yang penting untuk Anda ketahui dan pelajari dari Microsoft Office Word saat membuat dokumen. Kalau Anda sudah menguasai semua point di atas, Anda sudah termasuk dalam persyaratan penerimaan kerja untuk perkantoran.

Semoga membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY