Update pada Windows 10 ini memang sangatlah rutin. Update-update tersebut biasanya akan membawa beberapa fitur terbaru untuk para penggunanya. Fitur update Windows ini biasanya akan aktif secara otomatis saat Anda menginstall Windows 10 tersebut. Untuk menonaktifkan fitur tersebut tentunya bisa saja dilakukan dengan mudah, melalui menu Settings > Update & Security > Windows Update > Advanced Options. Di dalam halaman tersebut, silahkan Anda lanjut dengan memberikan tanda centang pada salah satu opsi yang ada untuk instalasinya.

Update dari Windows 10 ini sendiri memang sangat penting untuk para penggunanya. Di mana pada update tersebut Microsoft tentunya memberikan perbaikan pada setiap bug yang dilaporkan oleh penggunanya.

Cara mengupdate Windows 10 dengan perintah CMD dan Powershell

Kalau memang Windows 10 di komputer Anda itu tidak melakukan update secara otomatis, maka Anda bisa melakukan pengecekan dan update tersebut secara manual melalui beberapa perintah di Command Prompt (CMD) dan Powershell.

  1. Update Windows 10 di Powershell

Powershell merupakan salah satu fitur Windows yang memungkinkan Anda untuk mengoperasikan Windows dengan baris-baris perintah (Command Line). Untuk langkah-langkahnya sendiri, bisa Anda lihat di bawah ini:

  • Silahkan Anda buka Start Menu dan ketikkan powershell.
  • Jika halaman Powershell sudah terbuka, silahkan Anda ketikkan perintah Install-Module PSWindowsUpdate, lalu tekan tombol Enter untuk menginstal modul dari Windows update.
  • Setelah itu, ketikkan lagi perintah Get-WindowsUpdate, untuk terhubung ke server Windows update dan mendownload update jika tersedia.
  • Langkah terakhir adalah dengan mengetik, Install-WindowsUpdate untuk menginstall update yang ditemukan dan telah didownload dengan cara di atas.
  1. Update Windows 10 di Command Prompt (CMD)

Command Prompt (CMD) biasanya jauh lebih dikenal dibandingkan dengan Powershell. Pasalnya, fitur yang satu ini memang paling sering digunakan oleh para pengguna komputer Windows. Di mana CMD sendiri memiliki beberapa perintah yang lebih mudah untuk digunakan. Anda pun bisa melakukan update Windows 10 secara manual melalui perintah CMD tersebut, sebagai berikut:

  • Silahkan Anda tekan tombol Win + X pada keyboard, lalu pilih pada menu Command Prompt (Admin).
  • Jika muncul pemberitahuan User Account Control (UAC), maka silahkan Anda klik pada tombol Yes.
  • Setelah Anda berada di dalam halaman CMD tersebut, silahkan Anda ketikkan perintah-perintah di bawah ini, yang masing-masing di akhiri dengan menekan tombol Enter.

  • Ketikkan perintah UsoClient StartScan, untuk melakukan pengecekan update Windows 10.
  • Ketikkan perintah UsoClient StartDownload, untuk mulai melakukan download update Windows 10.
  • Ketikkan perintah UsoClient StartInstall, untuk mulai menginstall update yang berhasil Anda download.
  • Setelah itu, silahkan Anda restart komputer Anda setelah update selesai, dengan perintah UsoClient RestartDevice.
  • Untuk bisa menjalankan pengecekan, download dan install dengan sebaris perintah saja, maka Anda ketikkan saja UsoClient ScanInstallWait.

Akhir kata

Itulah beberapa perintah yang digunakan untuk melakukan update manual melalui CMD dan Powershell di Windows 10. Kalau Anda memiliki cara lainnya atau pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan Anda tuliskan langsung di kolom komentar yang ada di bawah.

Selamat mencoba!

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY