Sistem operasi Windows 10 memang hadir dengan berbagai macam fitur dan juga bloatware tambahan yang lebih lengkap dari pendahulunya. Salah satu bloatware yang terbilang unik dan terbaru di dalam Windows 10 ini adalah aplikasi 3D Viewer. Aplikasi ini memang sangatlah membantu untuk para desain grafis atau animator jika ingin mengecek hasil model 3D yang telah mereka buat. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa memadukan hasil 3D model tersebut dengan objek lainnya, mulai dari background, kontrol cahaya, dan memvisualisaikannya.

Akan tetapi, untuk para pengguna komputer pada umumnya, tentunya fitur seperti ini tidak terlalu dibutuhkan, dan bahkan terkesan mengganggu dan mengambil ruang serta mengurangi performa pada komputer. Untuk itu, jika Anda ingin menghapus fitur tersebut, maka Anda bisa mengikut artikel ini hingga selesai.

Cara menghapus aplikasi 3D Viewer di Windows 10

Ada beberepa cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa menghapus aplikasi 3D Viewer tersebut dengan mudah, yang bisa Anda simak selengkapnya di bawah ini:

1. Uninstall aplikasi 3D Viewer dari start menu

Untuk Anda yang memang ingin cepat, maka Anda bisa menggunakan start menu untuk menghapus apliksai 3D Viewer tersebut.

  • Silahkan Anda buka Start menu Windows, lalu ketik 3D Viewer.
  • Jika aplikasi 3D Viewer tersebut sudah muncul pada hasil pencarian, maka silahkan Anda langsung klik kanan.
  • Lalu pilih pada opsi Uninstall.

2. Uninstall aplikasi 3D Viewer melalui Settings

Kalau menurut Anda cara pertama di atas belum tuntang menghapus aplikasi 3D Viewer tersebut, maka Anda bisa mencoba menghapusnya melalui halaman Settings.

  • Silahkan Anda tekan tombol Windows + I pada keyboard, untuk membuka halaman Settings.
  • Setelah halaman Settings tersebut terbuka, silahkan Anda lanjut dengan mengklik menu System > Apps and Features.
  • Selanjutnya, silahkan Anda klik pada aplikasi 3D Viewer.
  • Pada menu yang muncul di bawah aplikasi 3D Viewer tersebut, silahkan Anda langsung klik pada tombol Uninstall.

3. Uninstall aplikasi 3D Viewer menggunakan PowerShell

Cara yang lain yang bisa digunakan untuk menghapus aplikasi 3D Viewer atau aplikasi bawaan dari Windows 10 adalah melalui PowerShell.

  • Silahkan Anda buka Start Menu, dan ketikkan PowerShell. Lalu klik kanan pada PowerShell, dan pilih opsi Run as administrator.
  • Setelah halaman Powershell terbuka, silahkan Anda langsung ketikkan perintah berikut, yang diakhiri dengan menekan tombol Enter:

Get-AppxPackage Microsoft.Microsoft3DViewer | Remove-AppxPackage

4. Uninstall aplikasi 3D Viewer menggunakan software pihak ketiga

Ada banyak sekali software yang bisa membantu untuk menghapus aplikasi bloatware (bawaan) dari Windows 10, seperti CCleaner, Store Applications Manager, atau AppBuster. Silahkan Anda pilih salah satu dari software tersebut atau software lain yang memang biasa Anda gunakan.

Akhir kata

Itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menghapus aplikasi 3D Viewer dari Windows 10. Kalau Anda memiliki cara lainnya atau pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan Anda tuliskan pada kolom komentar yang telah disediakan di bawah.

Semoga bisa membantu.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY