Aktivitas streaming saat ini memang menjadi trend di kalangan gamer. Live streaming seperti ini memang biasanya digunakan oleh para gamer melalui Youtube, Twitch atau pun platform video Streaming lainnya, untuk mendapatkan donasi dari para penonton dan juga tentunya, monetisasi iklan nantinya. Di samping itu pula, para penonton atau subscriber bisa melihat dan berinteraksi langsung dengan pemilik akun atau channel tersebut.

Pihak produsen hardware gaming untuk PC, seperti AMD dan nVidia sendiri sudah memberikan kemudahan untuk para penggunanya dalam melakukan streaming tersebut. Untuk para pengguna platform VGA nVidia, sudah menyediakan software yang bernama GeForce Experience, yang di dalamnya telah disematkan fitur untuk mengatur performa terbaik hardware terhadap game, dan juga Shadow Play untuk live streaming. Anda bisa membaca artikel lengkapnya di sini. Sedangkan untuk pengguna perangkat AMD Radeon, maka Anda bisa menggunakan software AMD Radeon ReLive.

Cara live streaming game dengan Radeon ReLive

Seiring dengan ekosistem AMD yang semakin hari semakin berkembang, maka pihak pengembang Radeon ReLive berjanji untuk membuat momen gaming Anda lebih baik. Inilah makanya, Radeon ReLive ini disematkan pula fitur untuk merekam atau pun live streaming gameplay para penggunanya, ke berbagai platform website streaming video.

Bagaimana cara menggunakannya? Silahkan Anda simak penjelasang lengkapnya di bawah ini.

1. Buka halaman website AMD Support

Pada halaman AMD Support ini, Anda akan melihat 2 opsi untuk mencari dan mendownload software Radeon dengan versi terbaru, yaitu:

  • Automatically Detect and Install Your Driver – Jika Anda memilih opsi ini, maka akan langsung mendeteksi driver AMD Anda scara otomatis melalui software AMD Driver Autodetect. Lalu menampilkan versi terbaru atau yang cocok.
  • Manually Select Your Driver – Jika Anda memilih opsi ini, maka Anda bisa memilih sendiri secara manual versi dan juga driver sesuai dengan tipe perangkat VGA Card Anda.

Untuk lebih memudahkan, maka Anda bisa memilih opsi pertama saja. Tapi, kalau Anda memang sudah mengetahui tipe VGA card yang Anda gunakan, maka cara tercepat adalah dengan memilih opsi kedua di atas.

2. Membuka halaman settings software Radeon

Setelah software Radeon tersebut terinstall di komputer Anda, maka silahkan Anda langsung buka software tersebut, dengan mengklik kanan pada area bebas di pada Desktop Anda dan pilih AMD Radeon Settings.

Setelah terbuka, silahkan Anda klik pada tab ‘ReLive’ seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas.

Setelah itu, aktifkan Radeon ReLive dengan mengatur fitur ke ‘On’.

3. Konfigurasi pengaturan Radeon live

Setelah fitur Radeon ReLive aktif, maka Anda tentunya perlu untuk melakukan pengaturan lanjutan. Untuk itu, silahkan Anda lanjut dengan mengakses opsi-opsi berikut, dan lakukan pengaturan sesuai dengan keinginan Anda:

  • Record Desktop
  • Save Folder
  • Borderless Region Capture
  • Audio Capture Device
  • Customizing Hotkeys
  • Record Microphone
  • Audio Volume Boost

4. Melakukan Pengaturan Streaming Game & VR

Radeon Software Adrenalin 2019 Edition untuk Windows 10 64-bit ini sudah dilengkapi dengan fitur yang bernama Remote Play. Software ini pun memungkinkan para penggunanya untuk melakukan streaming game melalui PC ke smartphone yang didukung dengan HMD (Head-Mounted Display) melalui jaringan WIFI.

Untuk mengakses fitur ini, maka silahkan Anda pilih tab Game & VR Streaming. Klik pada switch Remote Play untuk mengaktifkannya.

5. Capture atau merekam aktivitas game

Kalau Anda ingin melakukan screenshot atau perekaman video gameplay biasa, maka Anda klik saja tab Recording.

Biasanya, fitur ini dipilih jika Anda ingin melakukan editing kembali pada hasil rekaman video, untuk memberikan pengalaman lebih baik kepada para penonton Anda. Kualitas video atau pun suara yang bisa Anda hasilkan dari fitur Recording ini pun bisa Anda atur sesuai keinginan, mulai dari:

  • Low
  • Medium
  • High
  • Custom

Pemilihan profil ini sendiri defaultnya akan menyesuaika ndengan resolusi perekaman serta bitratenya. Tapi, kalau Anda ingin mendapatkan hasil yang sesuai keinginan Anda, maka Anda bisa melakukan pengaturan Custom sendiri.

6. Konfigurasikan pengaturan Live Streaming

Untuk Anda yang memang ingin melakukan live streaming game, maka Anda bisa memilih platform layanan website streaming, mulai dari YouTube, Mixer, Facebook, dan lainnya. Anda pun bisa melakukan pengaturan untuk menyesuaikan hardware serta koneksi internet yang Anda gunakan, sehingga hasil video streaming Anda bisa lancar.

Hal yang perlu untuk Anda ketahui sebelum melakukan live streaming seperti ini adalah koneksi internet yang Anda gunakan. Kalau koneksi internet yang Anda gunakan itu sangat rendah, maka hasil videonya pun biasanya kurang baik. Pengaturan ini bisa Anda lakukan pada Streaming Profile, Streaming Resolution, Streaming Bitrate, Streaming FPS dan Audio Bitrate. Semakin tinggi kecepatan internet Anda, khususnya untuk upload, maka video yang bisa Anda hasilkan bisa lebih baik.

7. Aktifkan arsip streaming

Ini adalah fitur yang menurut Saya terbaik dari AMD Radeon ReLive ini. Di mana Anda tetap bisa menyimpan video hasil streaming Anda tersebut untuk diedit dan digabungkan dengan video lainnya, untuk kebutuhan konten webstreaming lainnya.

Hanya saja, fitur ini sendiri secara default dalam kondisi Off. Tapi, Anda cukup mengubahnya menjadi On dalam tab Live Streaming di software Radeon ReLive tersebut.

8. Aktifkan instant replay

Fitur ini pun sangat bermanfaat untuk Anda yang ingin membuat konten video, lalu mengeditnya. Karena, Anda bisa memilih momen gameplay yang menurut Anda bagus untuk direkam dan disimpan. Sehingga, Anda tidak perlu merekam secara keseluruhan gameplay saat bermain game, yang tentunya akan memakan banyak ruang di media penyimpanan Anda.

Intant replay di Radeon ReLive ini pun bisa disesuaikan waktunya, antara 30 detik hingga 20 menit. Berbeda dengan fitur Instant Replay di GeForce Experience yang hanya maksimal 5 menit saja.

Akhir kata

Itulah beberapa fitur yang bisa Anda manfaatkan pada softwar Radeon ReLive, kalau Anda ingin melakukan streaming gameplay, atau membuat konten video untuk kebutuhan channel Youtube Anda. Fitur yang ada di Radeon ReLive ini memang terbilang cukup lengkap dibandingkan dengan milik GeForce Experience besutan nVidia ya!

Selamat mencoba.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY